Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-112: Hasil Akhir Perang, Ditentukan dari Pertempuran di Donbas

Rusia meminta kepada pasukan Ukraina yang bersembunyi di pabrik kimia Azot di Sievierodonetsk untuk meletakkan senjata mereka.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  10:13 WIB
Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-112: Hasil Akhir Perang, Ditentukan dari Pertempuran di Donbas
Anggota pasukan pro-Rusia melakukan penggeledahan di sebuah rumah selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS - Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-112 sejak awal invasi. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyatakan bahwa hasil pertempuran untuk wilayah Donbas saat ini merupakan penentu jalannya perang selanjutnya.

Zelensky juga menambahkan bahwa dengan kondisi terpuruknya Ukraina di Sievierodonetsk dan Lysychansk menyebabkan kerugian besar bagi negaranya dan menurutnya pertempuran di kota timur Ukraina tersebut merupakan pertempuran terbesar di Ukraina dalam mengusir serangan gencar yang dilakukan Rusia.

Di sisi lain, Rusia telah mengatakan kepada pasukan Ukraina yang bersembunyi di pabrik kimia Azot di Sievierodonetsk untuk meletakkan senjata mereka, kepala pusat manajemen pertahanan nasional Rusia, Mikhail Mizintsev mengatakan perlawanan yang dilakukan pasukan Ukraina di tempat itu sudah tidak masuk akal.

Rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-112 yang dirangkum The Guardian pada Rabu (15/6/2022), sebagai berikut :

Pembukaan Koridor Kemanusiaan dari Rusia di Sievierodonetsk

Rusia mengatakan akan membuka gerbang koridor kemanusiaan untuk warga sipil yang terperangkap dan berusaha melarikan diri dari pertempuran sengit di pabrik kimia Azot Sievierodonetsk. Gubernur Luhansk, Serhiy Haidai, merinci warga sipil yang berada di pabrik tersebut dengan rincian sekitar 500 warga sipil dan 40 di antaranya merupakan anak-anak yang berlindung dari serangan Rusia.

Permintaan Kembali Zelensky Untuk Peningkatan Pasokan Senjata Dari Barat

Zelensky mengulangi seruannya kepada barat untuk meningkatkan penyediaan senjata berat ke Ukraina. Wakil menteri pertahanan Ukraina, Hanna Malyar mengatakan negara itu hanya menerima 10 persen dari apa yang diminta dan menambahkan bahwa saat ini tidak ada jalan menuju kemenangan tanpa bantuan dari berbagai pihak.

Persiapan Pertahanan NATO Untuk Perbatasan di Wilayah Timur

NATO harus membangun persiapan yang lebih ketat " dan memperkuat kemampuan senjatanya di sepanjang perbatasan timur menjelang pertemuan puncak di Madrid pada akhir bulan. Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg mengatakan aliansi membutuhkan persiapan yang matang serta lebih banyak peralatan pertahanan dan persediaan yang telah ditempatkan sebelumnya.

Keuntungan Kedua Belah Pihak Dari Negara-Negara yang Bergabung NATO 

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menjanjikan dukungan untuk negara Swedia dan Finlandia setelah resmi bergabung dengan NATO, menurutnya ini akan menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak karena akan saling menguatkan keduanya.

Bantuan AS Dalam Sektor Pertanian Untuk Ukraina

Presiden AS Joe Biden mengatakan silo (penyimpanan hasil tani yang besar) sementara akan dibangun di sepanjang perbatasan dengan Ukraina, termasuk di Polandia. Hal ini dilakukan AS dalam upaya membantu mengekspor lebih banyak biji-bijian. 

Pemindahan Pemimpin Oposisi Rusia

Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny dilaporkan telah dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum dari sebelumnya. Navalny dipindahkan ke penjara IK-6 di desa Melekhovo di wilayah Vladimir.

Rusia Larang Jurnalis Dari Inggris Untuk Datang ke Wilayahnya

Rusia melarang jurnalis Inggris, termasuk koresponden dari The Guardian dan tokoh industri pertahanan memasuki negara itu, Rusia menyebut ini sebagai tanggapan terhadap sanksi barat dan tekanan pada media yang dikelola pemerintah di luar negeri.

Paus Fransiskus Beri Tanggapan Soal Invasi Rusia ke Ukraina

Paus Fransiskus mengatakan invasi Moskow ke Ukraina kemungkinan telah diprovokasi pihak lainnya, hal itu ia sampaikan ketika mengingat percakapan menjelang perang yang di mana dia diperingatkan bahwa NATO sedang "menggonggong di gerbang Rusia".

AS Mengatakan Rusia Akan Menguasai Sebagian Besar Ukraina

Wakil Menteri Pertahanan AS, Colin Kahl mengatakan dalam sebuah acara pusat keamanan bahwa nantinya kemungkinan Rusia akan menguasai sebagian besar Ukraina.

“Saya masih berpikir dia (Putin) memiliki desain di sebagian besar Ukraina, jika tidak di seluruh negeri dan saya tidak berpikir dia dapat mencapai tujuan itu,” kata Colin Kahl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Rusia Invasi Crimea Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top