Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri 2022

Pemerintah membuka program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah jalur mandiri bagi lulusan SMA/sederajat.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 09 Juni 2022  |  15:16 WIB
Ini Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri 2022
Syarat dan Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah Seleksi Mandiri tahun 2022. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah membuka program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah jalur mandiri bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik, namun terkendala ekonomi.

Pemerintah akan membiayai uang kuliah, uang pangkal, hingga uang saku secara penuh. KIP Kuliah pun memberikan kesempatan bagi para pendaftar kuliah dengan jalur seleksi mandiri.

Para Pendaftar KIP Kuliah jalur mandiri pun mendapatkan pembiayaan secara penuh seperti jalur lain (SNMPTN, UTBK/SBMPTN).

Berikut syarat, cara daftar, dan jadwal pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri dikutip dari aman resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Cara Daftar 

1. Siswa melakukan Pendaftaran Akun secara mandiri di SIM KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps berbasis android.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan. Pastikan siswa mendaftarkan email yang aktif agar dapat melihat kode akses yang dikirimkan.

4.Siswa masuk ke dalam SIM KIP Kuliah dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/ SBMPN/Mandiri).

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau SIM KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi.

6.Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

Syarat Penerima KIP

1. Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi

3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.

Jadwal pendaftarar KIP Kuliah Mandiri

- Seleksi Mandiri PTN 01 Juni 2022 07 Oktober 2022

- Seleksi Mandiri PTS 08 Juni 2022 31 Oktober 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SNMPTN kip perguruan tinggi negeri perguruan tinggi swasta
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top