Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Sebut Progres Penurunan Angka Stunting Terus Membaik

Menkes menyampaikan bahwa Indonesia memiliki progres yang baik dalam upaya penurunan angka stunting.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  14:14 WIB
Menkes Sebut Progres Penurunan Angka Stunting Terus Membaik
Stunting - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Indonesia memiliki progres yang baik dalam upaya penurunan angka stunting.

Menurutnya, angka prevalensi stunting kini menurun signifikan dari 30,8 persen pada 2018 yang kemudian menurun pada 2019 menjadi 27,7 persen, dan pada 2021 menjadi 24,4 persen.

“Saat ini Indonesia telah menetapkan provinsi-provinsi prioritas untuk penurunan angka stunting yakni 7 provinsi dengan angka prevalensi stunting tertinggi dan 5 provinsi yang memiliki kasus stunting terbanyak, dengan target penurunan angka prevalensi stunting nasional hingga 14 persen pada 2024,” ujarnya, dikutip melalui Youtube Akademi Desa, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut, Menkes pun memastikan bahwa Kementerian Kesehatan memiliki komitmen tinggi dalam upaya pemberantasan stunting, khususnya melalui penguatan intervensi spesifik terhadap bayi sejak dalam kandungan hingga setelah lahir.

Tidak hanya itu, pendidikan nutrisi dan kesehatan, skrining anemia, peningkatan imunitas gadis dan ibu hamil, perawatan kehamilan (antinatal care), pemberian suplemen makanan untuk ibu hamil dengan malnutrisi energi kronis dan untuk anak di bawah lima tahun dengan malnutrisi akut, juga terus dilakukan.

“Selain itu, intervensi sensitif termasuk pendidikan kesehatan untuk gadis dewasa, wanita hamil, keluarga dengan anak di bawah lima tahun, keluarga peserta program perlindungan sosial, program keluarga pasca melahirkan, pemeriksaan kesehatan untuk usia subur, penyediaan air dan sanitasi yang baik, serta pemberian pendampingan kepada keluarga yang memiliki anak stunting,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stunting menkes bayi ibu hamil
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top