Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Naik Haji? Simak 6 Tips Perjalanan Haji Indonesia

Jemaah haji Indonesia harus tetap terhidrasi dengan baik, memakai tabir surya, dan mencari tempat berteduh jika memungkinkan
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  17:51 WIB
Jemaah haji
Jemaah haji

Bisnis.com, JAKARTA— Ada beberapa tips yang wajib dilakukan oleh jemaah haji agar tetap sehat saat melakukan ibadah haji, salah satunya adalah mendapatkan vaksin MERS.

Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi memberikan saran kesehatan bagi jemaah haji yang akan melakukan perjalanan haji dan umrah. Selain itu, jemaah haji juga harus memperhatikan kemampuan fisik dan kondisi kesehatannya sebelum mengajukan haji dan umrah.

Dikutip dari NSW Health, mereka yang memiliki kondisi medis parah seperti kanker stadium akhir, penyakit jantung, pernapasan, hati, atau ginjal lanjut, dibebaskan dari kewajiban agama ini.

Coronavirus Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV)

MERS-CoV adalah virus baru yang menyebabkan penyakit pernapasan di sejumlah orang di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi. Kebanyakan orang yang terinfeksi MERS-CoV menderita penyakit parah dan pneumonia, dan sekitar setengahnya telah meninggal. Meskipun virus tidak mudah menyebar antar manusia, ada bukti penyebaran dari orang ke orang melalui kontak dekat yang lama.

Peziarah dapat membantu melindungi diri dari penyakit pernapasan dengan sering mencuci tangan; tidak menyentuh mulut, hidung, atau mata mereka; dan menghindari kontak dengan orang sakit.

Kementerian Kesehatan Saudi juga merekomendasikan memakai masker di tempat-tempat ramai, menghindari kontak langsung dengan unta, menghindari daging unta yang kurang matang dan menghindari minum susu unta mentah.

Tips Perjalanan Haji yang Sehat

1. Jemaah haji harus tetap terhidrasi dengan baik, memakai tabir surya, dan mencari tempat berteduh jika memungkinkan. Beberapa ritual juga dapat dilakukan pada malam hari untuk menghindari panas di siang hari.

2. Minum air dan minuman yang disegel atau diketahui telah dimurnikan, dan makan makanan yang disajikan panas atau buah yang telah Anda kupas sendiri.

3. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih tangan disinfektan.

4. Untuk mencukur, ketahuilah bahwa pisau cukur yang tidak bersih dapat menularkan virus seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV. Wisatawan harus dicukur menggunakan pisau sekali pakai di pusat yang ditunjuk secara resmi, atau menggunakan pisau sekali pakai mereka sendiri dan menghindari berbagai alat kebersihan pribadi.

5. Ikuti aturan keselamatan jalan untuk menghindari cedera. Berhati-hatilah saat menyeberang jalan dan selalu gunakan sabuk pengaman saat bepergian dengan kendaraan bermotor.

6. Cobalah untuk menghindari daerah yang paling padat selama haji. Jika ada pilihan, lakukan ritual pada jam-jam non-puncak yang tidak terlalu ramai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji kuota haji info haji
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top