Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Boleh Lepas Masker di Luar Ruangan, Begini Fakta di Lapangan

Masyarakat masih tampak memakai masker meskipun berada di ruang terbuka. Beberapa orang memilih untuk tetap memakai masker dengan alasan kesehatan.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  15:23 WIB
Pengunjung di tempat wisata Pantai Ancol, tampak sudah tidak memakai masker, menyusul pelonggaran masker di ruang terbuka, Kamis (19/5/2022)  -  Pernita Hestin Untari
Pengunjung di tempat wisata Pantai Ancol, tampak sudah tidak memakai masker, menyusul pelonggaran masker di ruang terbuka, Kamis (19/5/2022) - Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melonggarkan kebijakan pemakaian masker untuk aktivitas di luar ruangan. Kebijakan tersebut diambil dengan pertimbangan kondisi pandemi Virus Corona (Covid-19) yang semakin terkendali di Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Jokowi dalam konferensi di YouTube Sekretariat Presiden, pada Selasa (17/5/2022).

Meskipun demikian, Kepala Negara mengingatkan masyarakat untuk tetap memakai masker saat berada di ruangan tertutup dan transportasi publik. Selain itu, masyarakat dengan penyakit bawaan atau komorbid diimbau untuk tetap mengenakan masker.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lapangan, masyarakat belum banyak yang serta merta tidak memakai masker saat berada di ruang terbuka. Bahkan, beberapa dari mereka mengaku baru mengetahui terkait kebijakan tersebut.

Salah satunya, pengendara ojol, Fatkhul Huda yang Bisnis temui di kawasan Juanda, Jakarta Pusat. Dia mengaku baru mendengar Presiden mengizinkan masyarakat melepas masyarakat di ruang publik.

"Saya baru tahu, tapi pasti butuh waktu lama (buat kebiasaan tanpa masker)," katanya, Kamis (19/5/2022).

Kemudian, pengguna transportasi umum Transjakarta, Agnes Tiurma mengaku senang akhirnya Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker.

Namun, dia secara pribadi memilih untuk tetap mengenakan masker terlebih di ruang publik untuk menghindari penularan virus.

"Pastinya senang karena kita sudah bisa melewati masa pandemi, walaupun belum benar-benar berakhir. Meskipun banyak pro dan kontra, tapi menurutku juga sah-sah saja kalau buka masker di tempat terbuka karena bisa dibilang sudah masuk masa transisi," katanya.

Sementara itu, pantauan Bisnis di kawasan wisata pantai Ancol, Jakarta Utara, beberapa pengunjung tampak sudah tidak memakai masker saat berada di sekitar pantai. 

Kemudian, di sekitar lokasi yang sama, Bisnis menangkap momen seorang petugas restoran siap saji mengingatkan pengunjung yang tak memakai masker untuk segera memakai masker saat memasuki ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi masker Covid-19
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top