Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-80: Ini Kemenangan yang Dicatatkan Ukraina

Tentara Rusia telah memperkuat kehadirannya di daerah perbatasan Bryansk dan Kursk, di tengah kekhawatiran kemungkinan serangan Ukraina melintasi perbatasan.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 14 Mei 2022  |  14:30 WIB
Seorang wanita berjalan di tengah tank Rusia yang hancur di Bucha, di pinggiran Kyiv, Ukraina, 3 April 2022. - Istimewa
Seorang wanita berjalan di tengah tank Rusia yang hancur di Bucha, di pinggiran Kyiv, Ukraina, 3 April 2022. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-80. Setelah hari kemarin Rusia berhasil merebut kota Rubizhne dan Ukraina menambah bala bantuan ke Donet Siversky.

Hari ini, di Kharkiv, Ukraina benar-benar kembali merebut Kharkiv dan membuat bala tentara Rusia mundur kembali dari Kharkiv

Dalam laporan lain, tentara Rusia telah memperkuat kehadirannya di daerah perbatasan Bryansk dan Kursk, di tengah kekhawatiran kemungkinan serangan Ukraina melintasi perbatasan.

Dilansir dari Militaryland, Sabtu (14/5/22), elemen artileri Rusia tambahan juga dikerahkan ke daerah Bryansk. Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina.

Berikut situasi militer di wilayah Ukraina, akibat perang Rusia vs Ukraina:

Kharkiv

Di Kharkiv, serangan balasan pasukan Ukraina berlanjut di daerah tersebut, dan sebagai hasilnya Rusia harus menarik pasukannya melintasi perbatasan. Pasukan Ukraina merebut kembali Petrovske, Ternova dan bergerak maju menuju Vesele.

Donet Siverskyi

Setelah pada hari lalu, Rubizhne berhasil diambil alih oleh Rusia. Pada hari ini, pasukan Rusia telah maju di sepanjang jalan raya M-03 (Izium – Slovyansk) dan menyerang posisi Ukraina di sekitar Bohorodychne. Serangan itu berhasil dihalau oleh pasukan Ukraina, di sisi lain artileri udara Rusia menargetkan posisi Ukraina di Dolyna dan Adamivka.

Dalam laporan lain, pertempuran berlanjut di sekitar Lyman dan Oleksandrivka. Pasukan Rusia berusaha menerobos garis Ukraina di daerah Orikhove, Zolote dan Komyshuvakha, tetapi tidak berhasil.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Nova Dmytrikva, Krasnopillya, Dolyna, Adamivka, Bohorodychne, sekitar Rubizhne, Toshkivka, Orikhove, Zolote

Garis Depan Pryazovia

- Daerah Donetsk

Di Donetsk, pasukan Rusia kembali menyerang posisi Ukraina di Novomykhailivka, Marinka, Avdiivka, Kamyanka dan Novoselivka. Akan tetapi pasukan Ukraina berhasil menangkis semua serangan di daerah yang disebutkan dan mempertahankan daerah tersebut.

- Daerah Zaporizhzhia

Tidak ada perubahan di kota Zaporizhzhia, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

- Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

- Daerah Kherson

Di Kherson, Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

- Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, tidak ada perubahan yang signifikan. Namun, pertempuran kembali terjadi di tanam dekat Azovstal dan pertempuran tersebut terjadi tanpa henti sejak kemarin. Selain itu, permasalahan tentang evakuasi masih berlanjut, setidaknya sampai saat ini masih ada pembela Ukraina dan warga sipil yang tertahan di Azovstal.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top