Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-65: Ukraina Beri Perlawanan di Kharkiv, Rusia Ambil Alih Utara Azovstal

Ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Rusia pada hari ini juga berhasil merebut Utara Azovstal dari tentara Ukraina.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 April 2022  |  15:45 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-65. Pada hari ini, pasukan Ukraina berhasil melawan sedikit kekuatan Rusia di dekat Kharkiv dan berhasil menghentikan serangan Rusia di daerah Siverskyi Donets.

Dalam laporan lain, tentara Rusia kembali menargetkan infrastruktur utama di seluruh Ukraina dan menembaki dua pos perbatasan Ukraina di kota Chernihiv. Bukan hanya Chernihiv, Rusia pada hari ini juga berhasil merebut Utara Azovstal dari tentara Ukraina.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Jumat (29/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Di Kharkiv, setelah beberapa hari situasi tetap sama dengan Rusia yang masih menduduki Kharkiv. Pada hari ini, pasukan Ukraina mendapatkan kembali kendali penuh atas Kutizivka dekat Kharkiv dan maju menuju Ruska Lozova. 

Meskipun belum sepenuhnya mengambil kendali atas Kharkiv, namun apa yang dilakukan tentara Ukraina sudah membuat kemajuan pada perang yang sudah berlangsung selama dua bulan.

Donet Siverskyi

Pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di Velyka Komyshuvakha, Dibrovne dan Yampil, namun apa yang mereka lakukan sama sekali tidak berbuah hasil. 

Dalam laporan lain, situasi di Rubizhne belum terkendali, pasukan Ukraina terkonsentrasi di bagian selatan kota. Di Orikhove, tentara Ukraina berhasil menangkis beberapa serangan yang dilaukan oleh pasukan Rusia ke daerah tersebut.

Daerah yang masih terjadi baku tembak: Velyka Komyshuvakha, Dibrovne, Lyman, Yampil, Rubizhne, Lysychansk, Orikhove, Popasna, dan Kramatorsk.

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Di Donetsk, Pasukan Rusia berusaha menerobos garis Ukraina di daerah Velyka Novosilka, namun belum berhasil menguasai daerah tersebut. Selain itu, Rusia juga berusaha maju di daerah Solodke dan Novomykhailivka, tetapi juga belum mendapatkan hasil apa apa. Di Marinka, situasi berbeda antara kedua pasukan, terjadi pertempuran sengit yang berlangsung hari ini.

  • Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, tidak ada perubahan, situasi masih sama seperti hari kemarin.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin. 

  • Daerah Kherson

Di Kherson, pasukan Rusia mendorong ke barat dan mencapai pinggiran Tavriiske. Pertempuran terus berlanjut di pinggiran daerah Oleksandrivka.

  • Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, pasukan Rusia secara de facto merebut daerah Azovstal Utara dari Ukraina. Dalam perebutan daerah tersebut, pasukan Rusia  hampir tidak menemui perlawanan di daerah tersebut. Tampaknya para pembela Ukraina telah mundur menuju kompleks utama.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia militer Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top