Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

25 Unit Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran di Area Pasar Gembrong

Kebakaran terjadi di area Pasar Gembrong, Jakarta Timur, pada Minggu (24/4/2022) malam.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 25 April 2022  |  00:47 WIB
25 Unit Damkar Dikerahkan Padamkan Kebakaran di Area Pasar Gembrong
Petugas pemadam kebaaran tengah berupaya menjinakkan api yang melahap Pasar Gembong pada Minggu (24/4/2022). Bisnis - Muhammad Ridwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar Gembrong, Jakarta Timur ludes dilahap si jago merah pada Minggu (24/4/2022) malam. Berdasarkan pantauan Bisnis.com, api melahap hampir seluruh pasar mainan yang berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Jakarta Timur.

"Kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 21.30 WIB," ujar Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes. Pol. Budi Sartono, Minggu (24/4/2022).

Kasi OPS Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman mengatakan proses penanganan kebakar hingga saat ini masih berlangsung. Dia mengatakan 150 personel dengan 25 unit kendaraan pemadam kebakaran telah diterjunkan untuk menjinakkan api.

Dugaan sementara, api berasal dari konsleting listrik yang dengan cepat menyambar pertokoan dan juga permukiman padat di sekitar pasar.

"Korban jiwa mudah2an tidak ada karena masih kan sekitar jam 9 masih terlampau sore jadi belum tertidur. Jika dilihat luas yang terbakar kerugian sekitar Rp1-Rp2 miliar," jelasnya.

Wasekjen Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau IKAPPI Choirul Furqon juga menjelaskan bahwa hingga detik ini pengurus IKAPPI masih memantau dan melihat perkembangan di lapangan.

“Sampai sekarang tersapat 6 kios yang terbakar, ada di 3 RT, yaitu RT 4, 5 dan 6 yang terdampak kebakaran rata-rata disana pedagang kios mainan, ayam, burung adan karpet,” ungkap Furqon dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Minggu (24/4/2022).

Choirul Furqon menjelaskan bahwa pihaknya sangat berduka atas kebakaran di pasar gembrong itu. Ia juga menjelaskan bahwa terdapat rumah masyarakat yang terdampak dalam kebakaran ini.

“Ratusan rumah juga kami pantau dilahap si jago merah, kita tahu bahwa pasar gembrong beberapa kali mengalami kebakaran, terakhir pada tahun 2015 dan 2017 terjadi kebakaran. Terdapat rumah padat penduduk disana, kebakaran terjadi hari ini sejak pukul 20.30 WIB identifikasi awal kebakaran adalah korsleting listrik,” imbuhnya.

Choirul Furqon menjelaskan bahwa Ikatan Pedagang Pasar Indonesia sebagai stakeholder yang dekat dengan pedagang akan terus melakukan pemantauan terhadap kebakaran sampai kebakaran bisa dipadamkan.

“Kami pantau ada kurang lebih 14 unit damkar dan beberapa pihak bergotong-royong membantu agar pelaksanaan pemadaman segera dilakukan, IKAPPI menurunkan tim untuk melakukan identifikasi berapa jumlah kios yang terbakar,” tutur Furqon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran pasar gembrong
Editor : Dwi Nicken Tari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top