Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenang Meninggalnya Presiden AS Richard Nixon, 22 April

Richard Nixon adalah presiden Amerika Serikat pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya. Pengundurannya datang sebagai tanggapan pada ruwetnya skandal yang dinamakan Skandal Watergate.
Richard Nixon/lifebuzz
Richard Nixon/lifebuzz

Bisnis.com, JAKARTA - 22 April 1994 merupakan tanggal meninggalnya Richard Nixon, Presiden Amerika Serikat ke-37.

Richard Milhous Nixon (lahir di Yorba Linda, California, Amerika Serikat, 9 Januari 1913 – meninggal di New York, New York, Amerika Serikat, 22 April 1994 pada umur 81 tahun) adalah Wakil Presiden Amerika Serikat ke-36 (1953 - 1961) dan Presiden Amerika Serikat ke-37 (1969 - 1974).

Dia adalah presiden Amerika Serikat pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya. Pengundurannya datang sebagai tanggapan pada ruwetnya skandal yang dinamakan Skandal Watergate.

Dia mengumumkan kesudahannyanya Perang Vietnam yang telah menelan korban ribuan tentara pada 23 Januari 1973. Pengumuman itu secara tidak langsung menjadi pengakuan Amerika bahwa mereka kalah perang di kancah Asia Tenggara.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Nixon sukses memperbaiki citra dirinya sedikit dan mendapat rasa hormat sebagai negarawan tua dalam anggota luar negeri. Para penggantinya, patut Demokrat maupun Republik, sering berkonsultasi padanya.

Namun rilis pita-pita rekaman Watergate di kemudian hari membubarkan seluruh keraguan tentang keterlibatan Nixon, patut dalam menghilangkan jejak Watergate maupun dalam keuangan kampanye yang ilegal serta pengawasan pemerintah yang melanggar hak-hak pribadi warga AS yang adalah pokok skandalnya.

Nixon menulis banyak buku setelah minggatnya dari politik, termasuk sejarah Perang Vietnam dan memoar pribadinya.

Nixon meninggal pada 22 April 1994, dalam usia 81 karena komplikasi yang berkomunikasi dengan agresi lumpuh dan dimakamkan di samping istrinya Pat Nixon di halaman Perpustakaan Kepresidenan Richard Nixon dan tempat lahirnya di Yorba Linda, California .

Perpustakaan Nixon berisi hanya dokumen-dokumen pra dan pasca kepresidenan Nixon karena surat-surat kepresidenannya telah ditahan sebagai bukti kejahatan. Usaha-usaha Nixon untuk melindungi dokumen-dokumennya dan mendapat keuntungan pajak darinya adalah satu tema penting dari peristiwa Watergate. Perpustakaan ini unik karena didanai secara pribadi. Perpustakaan kepresidenan lainnya menerima dukungan dari Arsip Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper