Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu Kamis Putih? Ini Link Misa di Gereja Katedral Jakarta

Hari Kamis Putih tahun ini jatuh pada 14 April 2022. Pada Kamis Putih, para umat kristiani berkumpul mengenang perjamuan kudus Yesus bersama murid-muridNya.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 14 April 2022  |  14:04 WIB
Apa Itu Kamis Putih? Ini Link Misa di Gereja Katedral Jakarta
Suasana ibadah Kamis Putih di Gereja Katedral, Jakarta, Kamis. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Umat Kristiani pada Kamis Putih melakukan rangkaian ibadah Trihari Suci dalam memperingati peristiwa wafatnya Tuhan Yesus Kristus pada Jumat Agung yang telah ditetapkan pada Jumat, 15 April 2022.

Seperti namanya, Trihari Suci terdiri dari tiga hari besar yakni Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci atau dikenal dengan istilah Malam Paskah. Rangkaian perayaan Trihari Suci diawali dengan Ekaristi petang pada hari Kamis atau disebut juga dengan Kamis Putih.

Hari Kamis Putih tahun ini jatuh pada tanggal 14 April 2022. Pada Kamis Putih ini para umat kristiani akan berkumpul bersama untuk mengenang perjamuan Paskah yang pernah dilakukan oleh Yesus bersama murid-muridNya. Lantas apa itu Kamis Putih? Simak rangkaian sejarah Kamis Putih untuk Anda ketahui berikut ini.

Perayaan Kamis Putih ini pada dasarnya adalah momen umat Kristiani untuk mengenang detik-detik kepergian Yesus. Dimana sesaat sebelum kematiannya, Yesus Kristus sempat mengadakan sebuah perjamuan pada malam hari untuk terakhir kalinya.

Dalam perjamuan itu Yesus memberikan sepotong roti paskah kepada murid-muridnya. Di Kamis Putih, umumnya para umat kristiani melakukan peribadatan berupa pencucian kaki Jemaah oleh seorang Pastor. Yang mana hal tersebut juga merupakan praktik ibadah yang ditujukan guna mengenang keteladan yang pernah dilakukan oleh Yesus Kristus.

Namun, perintah pembasuhan kaki ini hanya terdapat dalam Injil Yohanes dan tak terdapat dalam Injil Sinoptik. Kegiatan pembasuhan kaki ini sebenarnya sudah biasa dilakukan pada zaman kehidupan Yesus Kristus, hanya saja para pembasuh biasanya adalah para budak. Namun yang menjadi tauladan disini adalah proses pembasuhan kaki dilakukan oleh Yesus kepada para murid-muridnya.

Tindakan Yesus membasuh kaki para muridnya ini adalah sebuah simbol kerendahan diri, pembersihan serta pengampunan. Selain itu, melalui Kamis Putih ini umat manusia diajarkan akan nilai-nilai kebersamaan dan kesederhanaan. 

Kemudian rangkaian ibadah berlanjut pada hari Jumat yang disebut sebagai Jumat Agung. Pada Jumat Agung ini umat kristiani mengenang pengorbanan dan kesengsaraan atas wafatnya Yesus serta menghormati penyaliban atas-Nya. Pada hari ini pula umat beriman akan menjalani puasa Paskah.

Ini link misa ekaristi di Gereja Katedral Jakarta jam 17.00 dan 20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

katedral jumat agung
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top