Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek 5 Syarat Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Kereta Api

Pemerintah telah mengizinkan mudik Lebaran tahun 2022. Ini tentunya menjadi hal yang dinantikan masyarakat setelah dua tahun kegiatan mudik Lebaran dilarang karena kasus Covid-19.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 12 April 2022  |  20:44 WIB
Cek 5 Syarat Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Kereta Api
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah mengizinkan mudik Lebaran tahun 2022. Ini tentunya menjadi hal yang dinantikan masyarakat setelah dua tahun kegiatan mudik Lebaran dilarang karena kasus Covid-19.

Salah satu moda tranportasi yang banyak diminati masyarakat saat mudik adalah kereta api. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah mengeluarkan syarat mudik dengan menggunakan kereta api.

Aturan tersebut tercantum dalam SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini syarat mudik pakai kereta api seperti dirangkum akun Instagram @pandemictalks, Selasa (12/4/2022): 

1. Bagi calon penumpang yang baru mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19 wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam.

2. Kemudian untuk calon penumpang yang sudah mendapatkan dosis kedua vaksin kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang berlaku 3x24 jam.

3. Untuk calon penumpang yang telah mendapatkan dosis ketiga vaksin Covid-19 atau booster tidak wajib menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19. 

4. Untuk anak-anak dengan usia di bawah 6 tahun, bebas dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19. Mereka wajib didampingi oleh pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksin maupun pemeriksaan.

5. Bagi calon penumpang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan tidak menerima vaksin, harus membawa surat keterangan dokter dari Rumah Sakit. Mereka juga wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Mudik Lebaran
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top