Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Google Sebut Awal Ramadan 2 April 2022, Netizen pun Heboh

Dalam pencarian Google disebutkan jika Ramadan dimulai pada 2 April atau Sabtu Malam, dan Idulfitri 2 Mei malam.
Ramadan 2022
Ramadan 2022

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia telah menetapkan hari pertama ramadan jatuh pada Minggu 3 April 2022. Sedangkan Muhammadiyah menetapkan hari ini, Sabtu 2 April 2022.

Sementara itu, dalam pencarian Google disebutkan jika Ramadan dimulai pada 2 April atau Sabtu Malam, dan Idulfitri 2 Mei malam.

Menanggapi hal tersebut, netizen di media sosial menanggapinya dengan menuliskan Google menyebutkan Ramadan 2 April malam artinya pelaksanaan puasa tetap pada 3 April. Sedangkan Sabtu malam 2 April adalah pelaksanaan salat tarawih pertama.

Berikut beberapa komentar netizen mengomentari salah satu postingan pengguna twitter yang menyebutkan waktu Ramàdan google mengikuti waktu puasa Muhammadiyah

Itu kan dibilangnya malam hari dihari sabtu pak... Artinya ramadhan jatuh d malam sabtunya, otomatis mulai puasa besoknya (minggu)....
Ga mngkin kan puasa malam hari... Gmana sih bapak iki

The evening of April 2 (2 April di malam hari). Technically Google menyatakan hari pertama Ramadan itu tanggal 3 April..

google dah bener tu..... kan mulai tarawih sabtu sore... "evening of saturday"?

Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Minggu, 3 April 2022, sehingga umat muslim sudah dapat melaksanakan ibadah puasa pada hari tersebut. Adapun, ibadah tarawih dapat dilakukan malam ini.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan bahwa ibadah tarawih sudah dapat dilakukan pada Sabtu (2/4/2022), sementara ibadah puasa dapat dilakukan pada esok hari, Minggu (3/4/2022).

“Sidang sudah selesai dilaksanakan, siding diawali oleh pemaparan hilal yang disampaikan menjelang Magrib oleh pakar astronomi yang juga anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Profesor H. Thomas Djamaluddin bahwa ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit,” katanya, dikutip melalui laman Youtube Kemenag RI, Jumat (1/4/2022)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper