Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umat Muslim Bisa Salat Tarawih di Hagia Sophia untuk Pertama Kali Setelah 88 Tahun 

Umat muslim dari berbagai negara, khususnya di Turki, kini bisa menjalankan ibadah salat tarawih di Hagia Sophia Istanbul untuk pertama kali setelah 88 tahun.
Masjid Hagia Sophia di Turki
Masjid Hagia Sophia di Turki

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Keagamaan Turki mengumumkan bahwa umat muslim bisa melaksanakan ibadah salat tarawih di Masjid Hagia Sophia, Istanbul. Izin salat tarawih ini menjadi yang pertama kali setelah 88 tahun.

Pengumuman tersebut disampaikan pada Kamis (31/3/2022) waktu Turki. Meski demikian, jadwal salat tarawih di Hagia Sophia baru bisa dilaksanakan setiap Jumat, Sabtu dan Minggu selama bulan Ramadan 2022. 

"Insya Allah momen indah ini akan saya saksikan dengan memimpin salat tarawih pertama," kata Ali Erbas kepala Diyanet, badan publik yang bertanggung jawab untuk mengawasi ibadah keagamaan dilansir dari Channel News Asia, Jumat (1/4/2022). 

Sebelumnya pada Juni 2020, Pemerintah Turki mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid lagi. Langkah tersebut sempat memicu gelombang kritik dari publik internasional.

Pada tahun lalu, Komite Warisan Dunia dari badan kebudayaan PBB, UNESCO, meminta Turki untuk menyerahkan laporan tentang status konservasi Hagia Sophia. Seperti diketahui, Hagia Sophia, masuk daftar situs warisan dunia UNESCO pada 1985.

Dikutip dari Tempo.co, UNESCO mengungkapkan keprihatinan mendalam atas konsekuensi perubahan Hagia Sophia menjadi masjid. Turki dengan cepat menolak kritik badan tersebut karena ada indikasi bias dan politis.

Meski bangunan ikonik yang sebelumnya digunakan sebagai museum ini, sudah diubah menjadi masjid pada 2020, namun pandemi Covid-19 membuat salat di sana belum bisa dilaksanakan sampai sekarang.

Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai gereja katedral Kristen antara tahun 532 dan 537 M di bawah Kaisar Justinian I. Bangunan ini dianggap sebagai struktur Bizantium yang paling penting.

Setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada tahun 1453, Hagia Sophia diubah menjadi masjid, sebelum dibuka sebagai museum pada tahun 1935 setelah republik Turki modern yang sekuler didirikan pada tahun 1923.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper