Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beda dengan Binomo, Begini Cara Crazy Rich Bandung Doni Salmanan Raup Untung Besar dari Quotex

Crazy Rich Bandung Doni Salmanan ditahan polisi atas kasus dugaan penipuan investasi melalui aplikasi Quetex. Simak bedanya dengan Binomo.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 09 Maret 2022  |  17:55 WIB
Beda dengan Binomo, Begini Cara Crazy Rich Bandung Doni Salmanan Raup Untung Besar dari Quotex
Crazy Rich Bandung Doni Salmanan - Instagram @donisalmanan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pria yang memiliki julukan Crazy Rich Bandung Doni Salmanan harus ditahan atas kasus dugaan penipuan investasi. Penetapan penahanan dilakukan usai diperiksa selama 13 jam di Bareskrim Polri pada Rabu (9/3/2022) dini hari.

Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Kombes Reinhard Hutagaol menyampaikan, influencer Doni Salmanan dipidana lantaran terlibat dalam skema menjebak korban investasi melalui aplikasi Quotex agar tidak pernah menang dan mendapat keuntungan.

"Dia [Doni Salmanan] memberikan berita bohong bahwa mainlah dengan saya, dari video-videonya itu sebenarnya menjebak orang supaya main, dan pada kenyataannya enggak ada yang pernah menang," katanya kepada wartawan, Rabu (9/3/2022).

Lebih lanjut, Reinhard mengatakan, Doni diduga berafiliasi langsung dengan aplikasi penyedia binary option atau opsi biner Quotex, di mana Crazy Rich asal Bandung ini pun mendapat keuntungan besar jika terdapat member yang kalah dalam opsi tersebut.

"Iya sama [mekanisme keuntungan seperti Binomo]. 80 [Persen] dari kekalahan [korbannya]," ujarnya.

Adapun, kasus yang menjerat Doni disebabkan melalui laporan seorang korban berinisial RA pada 3 Februari 2022. Laporan itu teregister dengan nomor perkara LP/B/0059/II/2022/SPKT/BARESKRIM POLRI.

Youtuber Doni Salmanan yang kerap disebut Crazy Rich Bandung menulis dan menyanyikan lagu, serta membuat video klip yang dipersembahkan untuk istri yang dinikahi 14 Desember 2021, Dinan Nurfajrina/Istimewa 

Doni dijerat Pasal 45 ayat 1 jo 28 ayat 1 Undang-undang ITE dan/atau 378 KUHP dan Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sekadar informasi, Quotex dan Binomo merupakan platfrom trading berbasis opsi biner atau biasa disebut binary option. Namun, tidak sama dengan Quotex, Binomo tidak bisa diunduh melalui PlayStore ataupun ApssStore, sebab platfrom Binomo sepenuhnya sudah ditangguhkan.

Quotex dan Binomo memiliki fitur-fitur yang sama, di mana keduanya memiliki akun demo dan fitur copy trade.

 Fitur ini tentunya bisa membantu para trader untuk belajar. Akun demo adalah sebuah akun yang memungkinkan pengguna melakukan trading di platfrom, tetapi tidak bisa menggunakan uang asli, juga tidak bisa ditarik ke rekening.

Sementara itu, untuk fitur copy trade membuat pengguna bisa memilih salah satu trader di platfrom dan menirunya. Mereka tinggal diam saja menunggu hasil dari trader yang disalin.

Dengan ini pengguna bisa mengikuti trader yang sudah profesional dan sering mendapatkan keuntungan pada saat trading.

Untuk diketahui, kedua platfrom ini sudah ilegal sejak dulu, tetapi karena panasnya kasus belakangan ini masyarakat menjadi lebih sadar bahwa platfrom tersebut lebih mengarah sebagai platform judi dan bukan trading.

Dikutip melalui berbagai sumber, cara bermain binary option ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Pengguna hanya perlu melakukan registrasi pada penyedia binary option dan melakukan deposit. Jumlah deposit pada masing-masing penyedia berbeda-beda, namun umumnya sebesar US$10.

Selanjutnya, pengguna akan memilih indeks aset, mulai dari mata uang, indeks saham, hingga komoditas. Setelah itu, pengguna akan memasukkan modal yang dipertaruhkan. Jumlah minimal modal yang digunakan bergantung dengan asetnya.

Kemudian aplikasi binary option akan melakukan perhitungan potensi keuntungan yang didapat dari transaksi tersebut.

Rentangnya cukup beragam, berkisar 60 persen—90 persen. Kemudian, pengguna memilih durasi transaksi yang beragam, mulai dari per sekian detik, menit, jam, maupun hari.

Terakhir, pengguna diharuskan menebak dalam durasi yang tadi sudah dipilih, apakah pada saat durasi berakhir, harga indeks berada di atas atau di bawah harga saat memulai transaksi. Jika tebakan benar, pengguna akan mendapat untung.

Namun jika salah, maka modal yang digunakan akan hangus dan menjadi kerugian pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penipuan bareskrim binomo binary option
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top