Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beasiswa LPDP 2022 Telah Dibuka, Catat Jadwal dan Syarat Daftarnya!

Pendaftaran beasiswa LPDP 2022 telah dibuka. Catat jadwal dan syarat pendaftaran selengkapnya.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  13:58 WIB
Beasiswa LPDP 2022 Telah Dibuka, Catat Jadwal dan Syarat Daftarnya!
Ilustrasi Beasiswa LPDP 2022 - LPDP Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA – Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022 telah dibuka mulai Jumat 25 Februari 2022. Simak jadwal dan syarat daftarnya!

Seleksi beasiswa LPDP terdiri dari seleksi administrasi, bakat skolastik, dan substansi. Beasiswa LPDP 2022 menyediakan Program Magister (S2) dengan masa studi 24 bulan dan Program Doktor (S3) dengan masa studi 48 bulan, baik dalam maupun luar negeri.

LPDP merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister.

Beasiswa ini dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beasiswa LPDP hingga tahun ini telah diberikan kepada 29.872 penerima atau awardee. Hal tersebut tak lain sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Mereka hanya 0,01 persen dari penduduk Indonesia yang berpendidikan S2 dan S3 yang jelas ini adalah sebuah presentase yang sangat kecil. Maka saya selalu menyampaikan Anda semua yang mendapatkan beasiswa dari LPDP adalah orang-orang pilihan yang mendapatkan fasilitas dari negara," jelas Sri Mulyani seperti dikutip dari Indonesia.go.id, Rabu (2/3/2022).

Terhitung sejak 2007, pemerintah telah mengalokasikan seminimal-minimalnya 20 persen dari APBN untuk digelontorkan dalam sektor pendidikan. Untuk tahun ini, total anggaran pendidikan sebesar Rp542,8 triliun. Alokasi untuk anggaran pendidikan bergantung pada besaran APBN setiap tahunnya.

Beasiswa LPDP tahun ajaran 2022/2023 akan dibagi menjadi dua tahap. Pendaftaram tahap pertama akan dilaksanakan pada Februari-Maret 2022. Lalu, disusul tahap kedua pada 4 Juli sampai 5 Agustus 2022.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022

Tahap 1

• Pendaftaran: 25 Februari-27 Maret 2022
• Seleksi administrasi: 28 Maret-11 April 2022
• Seleksi bakat skolastik: 18 April-22 April 2022
• Seleksi substansi: 16 Mei-25 Juni 2022

Tahap 2

• Pendaftaran: 4 Juli-5 Agustus 2022
• Seleksi administrasi: 8 Agustus-19 Agustus 2022
• Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus-10 September 2022
• Seleksi substansi: 26 September-4 November 2022.

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor dengan ketentuan sebagai berikut:

- Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
- Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
- Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

3. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

4. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

5. Melampirkan Surat Rekomendasi dari akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja.

6. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

7. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas eksekutif; Kelas Khusus; Kelas Karyawan; Kelas Jarak Jauh; Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk; Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri; Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi; atau Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

8. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.

9. Menulis Personal Statement (tidak ada format khusus).

10. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi.

11. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beasiswa kemenkeu lpdp
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top