Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil dan Kontroversi Arnold Putra, Desainer Indonesia Pesan Organ Manusia dari Brasil

Nama desainer Indonesia, Arnold Putra membuat heboh lantaran terseret kasus pengiriman paket yang diduga berisi organ manusia yang tengah diselidiki Kepolisian Federal Brasil.
Desainer Indonesia, Arnold Putra membuah heboh lantaran terseret kasus pengiriman paket yang diduga berisi organ manusia dari Brasi./ Instagram @arnoldputra
Desainer Indonesia, Arnold Putra membuah heboh lantaran terseret kasus pengiriman paket yang diduga berisi organ manusia dari Brasi./ Instagram @arnoldputra

Bisnis.com, JAKARTA - Nama desainer Indonesia, Arnold Putra membuat heboh lantaran terseret kasus pengiriman paket yang diduga berisi organ manusia yang tengah diselidiki Kepolisian Federal Brasil.

Beberapa waktu lalu, Arnold Putra sempat jadi sorotan publik usai membuat tas dari tulang manusia.

Teranyar, dia membuat geger setelah memakai seragam mirip ormas Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week.

Di akun Instagram pribadinya @arnoldputra, membagikan instastory saat dirinya tampil dengan baju yang sangat mirip dengan seragam ormas loreng oranye dan hitam itu.

Sosok Arnold Putra menuai kotroversi sejak beberapa tahun lalu. Akun @superiorgab di Twitter juga pernah membuat thread mengenai sang desainer pada Maret 2020.

Dalam unggahan @superiorgab, bahwa Arnold Putra pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, di antaranya Luyola Marymount University, The British International School dan Nasional High Junior Senior School.

Desainer yang saat ini tinggal di Los Angeles tersebut juga, disebut pemilik akun itu sebagai orang yang kerap mengunjungi suku-suku terpencil dan menggunakan mereka sebagai alat peraga rancangannya.

Berikut deretan kontroversi Arnold Putra dilansir cuitan @superiorgab:

1. Memberikan barang palsu

Arnold Putra pernah memberikan sebuah jam tangan palsu kepada kepala suku Yagua (penduduk asli di Kolombia dan timur laut Peru).

"Arnold Putra adalah lambang kejahatan, ia memberikan barang palsu dengan imbalan sisa manusia dan barang berharga dari budaya mereka," kata si pemilik akun.

2. Memakai tulang manusia sebagai bahan fasyen

Di Instagram, Arnold Putra sendiri dikenal lewar akun @arnoldputra. Namun, akun tersebut kini sudah dikunci sementara karya desainnya dibagikan lewat akun @byarnoldputra.

Lewat akun itu pula, Arnold Putra mengunggah foto tas yang dibuat dari tulang manusia beserta deskripsinya.

"Tas keranjang dari lidah seekor buaya. Pegangannya dibuat dari tulang belakang seorang anak kecil yang mengalami osteoporosis," tulis keterangan di caption yang ada.

Menurut @superiorgab, Arnold Putra diduga melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum internasional.

“Alih-alih merasa bersalah, ia justru menjadikan hal tersebut sebagai mode,” cuitnya.

3. Duduk di tumpukan mumi

Arnold Putra pernah mengunggah foto saat berada di Pangala, Toraja Utara. Ironinya, ia menduduki tumpukan mumi.

"Tidak menghormati mumi Indonesia selama ritual tahunan (mengintip jam tangan palsu)," kicau @superiorgab.

4. Dugaan Memberikan barang palsu ke penduduk Himba

Arnold Putra juga dengan bangga memberikan jam tangan yang diduga palsu kepada sejumlah perempuan di Himba (suku asli di Namibia).

5. Dianggap tidak menghormati agama Hindu

Aksi lainnya saat Arnold Putra mengunjungi kawasan India. Ia dianggap tidak menghormati agama Hindu karena berpose dengan memegang buku setan.

Selain itu, Arnold Putra juga disebut melabeli bagian tenggara India dengan nama 'kuil setan'.

Bisnis telah berusaha mengonfirmasi Arnold Putra lewa akun Intsagramnya @arnolputra, namun hingga berita ini ditulis Arnold belum membalasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper