Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG : Minggu Sore Jakarta Diguyur Hujan Lebat

Pada malam hari, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, diperkirakan hujan ringan, sedangkan di Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara diperkirakan berawan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Februari 2022  |  08:39 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat di tiga wilayah DKI Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, pada Minggu sore.

BMKG melalui laman resmi dipantau di Jakarta, Minggu, menjelaskan, cuaca di seluruh wilayah DKI Jakarta pada pagi hari diperkirakan berawan.

Memasuki siang hari, BMKG memperkirakan terjadi perubahan cuaca di Jakarta Barat dan Jakarta Timur yakni turun hujan dengan intensitas ringan dan di Jakarta Selatan turun hujan dengan intensitas sedang.

Sedangkan, di Jakarta Pusat diperkirakan berawan, serta di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan cerah berawan.

Pada malam hari, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, diperkirakan hujan ringan, sedangkan di Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara diperkirakan berawan.

Pada dini hari, Kepulauan Seribu diperkirakan turun hujan sedang, serta Jakarta Barat dan Jakarta Utara diperkirakan hujan ringan. Kemudian, di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, diperkirakan berawan.

Suhu udara di Jakarta diperkirakan berada pada rentang minimum 23-24 derajat celsius hingga maksimum 30-32 derajat celsius.

Sedangkan tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran minimum 75 hingga maksimum 100 persen.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, juga disampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat. 

BMKG mengemukakan sirkulasi siklonik terpantau di Halmahera dan sebelah selatan Laut Arafuru yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Banda bagian utara hingga Laut Arafuru bagian timur.

Selain itu, daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga perairan Kepulauan Nias, pesisir timur Lampung hingga perairan barat Lampung, di Sulawesi Tengah, di Maluku dan dari Papua Barat hingga Papua bagian Tengah. 
Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG Cuaca Jabodetabek

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top