Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum Global Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 tahun ini. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada 23–28 Mei 2022 di Bali, dan diikuti oleh 193 delegasi dari berbagai negara.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 Februari 2022  |  12:52 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum Global Pengurangan Risiko Bencana
Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 tahun ini. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada 23–28 Mei 2022 di Bali, dan diikuti oleh 193 delegasi dari berbagai negara.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mewakili Menteri ESDM menyatakan bahwa forum internasional tersebut bertujuan untuk melakukan monitoring, evaluasi, sekaligus menghimpun berbagai macam tren baru penanganan kebencanaan.

Agenda tersebut juga akan menunjukan langkah yang dilakukan berbagai negara sebagai praktek untuk dijadikan dasar dalam menyusun rencana aksi penanganan bencana untuk 2 tahun ke depan.

“Forum ini akan menjadi sarana penting bagi dasar pengambilan kebijakan mitigasi bencana,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (3/2/2022).

Selain menjadi forum pengurangan risiko bencana, sesuai arahan Presiden RI, GPDRR dapat dijadikan momentum promosi pariwisata ke dunia internasional di tengah pandemi Covid-19.

“Termasuk untuk mempromosikan praktik dan pengalaman penanganan kebencanaan yang sangat baik yang telah dilakukan Indonesia, dapat ditularkan,” ujarnya.

Rencananya, GPDRR 2022 akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), dan beberapa Kepala Negara terpilih, serta perwakilan dari 193 negara anggota dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 5.000 orang.

Pelaksanaan forum itu juga disepakati akan dilaksanakan dengan pertemuan tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat, dan sistem bubble sejak masuk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian esdm bencana alam
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top