Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Figur Cawapres Dinilai Turut Menentukan Kemenangan Paslon

Studi Demokrasi Rakyat menyatakan figur cawapres berpotensi menjadi magnet bagi pemilih dalam pemilu 2024.
Pemilu 2024./Antara
Pemilu 2024./Antara

Bisnis.com,JAKARTA- Figur calon wakil presiden perlu diperhatikan oleh publik karena berpotensi menjadi magnet bagi pemilih.

Hari Purwanto, Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR) mengatakan, sejak pemilihan secara langsung yang digelar pada 2004, figur capres selalu menjadi daya tarik bagi parpol pengusung pasangan capres maupun cawapres. Kata dia, lembaga survei, yang muncul pada awal 2004 pun selalu mengedepankan figur capres saja.

"Padahal capres dan cawapres adalah pasangan yang diusung oleh parpol sesuai aturan yang dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum untuk bisa ikut serta dalam pemilihan," ujarnya, Jumat (28/1/2022).

Dia melanjutkan, pasangan calon tentunya tidak hanya figur capres saja yang bisa mendongkrak tapi figur cawapres juga bisa memberikan pengaruh signifikan dalam merebut hati masyarakat dan mendulang suara publik untuk memperoleh kemenangan.

Parpol, tuturnya, sebagai pengusung pasangan capres-cawapres semestinya tidak hanya melirik figur capres tapi juga figur cawapres yang bisa dijadikan tolak ukur untuk mendulang perolehan suara partai.

"Figur capres selalu menjadi terdepan sejak empat periode pemilu secara langsung, publik luput bahwa figur cawapres juga bisa menjadi penentu kemenangan capresnya," tambahnya.

Dia mencontohkan, ketika pemilu 2019, Ma'ruf Amin menjadi pilihan cawapres saat itu oleh Jokowi. Hasilnya jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 85,6 juta atau 55,50 persen suara, sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68,6 juta atau 44,50 persen suara.

"Selisih suara kedua pasangan mencapai 16,9 juta atau 11 persen suara. Faktor Ma'ruf Amin juga tentunya menjadi salah satu pendulangan suara, dimana saat itu umat terbelah tapi dengan kehadiran sosok cawapres dari MUI mampu mengendalikan gejolak yang ada," urainya.

Dari fakta ini, dia menilai parpol perlu melihat sisi cawapres dapat menjadi penentu dan strategis dalam menentukan kemenangan pasangan yang diusung. Bahkan mampu mendulang suara parpol jika parpol secara serius dan masif mendorong figur cawapres yang memilik elektabilitas dan kedekatan dengan masyarakat.

"Kompetisi 2024 yang semakin ketat dan kompetitif tentunya membutuhkan kejelian dan hitungan yang matang. Kedepan figur Cawapres menjadi faktor kemenangan dalam pesta demokrasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper