Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Meluruskan Soal Ibu Kota Baru, Begini Pendapatnya

Pemindahan ibu kota adalah wacana lama sejak jaman Bung Karno. Karena Jakarta memang tidak pernah didesain sebagai ibu kota.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluruskan polemik soal Ibu Kota Baru, terutama setelah komentar miring Edy Mulyadi mengenai rencana pembangunan pusat pemerintahan RI di Kalimantan.

Melalui akun instagramnya, Ridwan Kamil membagikan video berisi foto perbandingan sebuah kota dulu dengan sekarang. Beberapa di antaranya Shenzen China pada 1964 yang berlanskap kota kecil menjadi metropolitan saat ini.

Ditampilkan pula perubahan Dubai pada 2005 dengan pemandangan gurun menjadi kota metropolis saat ini. Gambar Abu Dhabi pada 1970 juga dibandingkan dengan kondisi mutakhir. Demikian juga Seoul, dikomparasikan saat 1900 dengan kondisi terkini.

Selanjutnya, Ridwan Kamil menuliskan deskripsi pada unggahannya sebagai berikut:

DARI SEPI MENJADI MAJU,

Itulah sejarah semua peradaban kota-kota besar dunia. Dari Shenzen yang dulunya padang rumput sampai Dubai yang dulunya padang pasir, semua ceritanya sama.

JADI jika seorang Edy Mulyadi tidak setuju pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan dengan memilih diksi lisan yang akhirnya ditafsir menghinakan Kalimantan, tentulah sangat disesalkan.

DAN negeri ini menjadi bising kembali karenanya. Belum selesai satu masalah kemarin, datang lagi pernyataan yang merusak kain tenun kebhinekaan. Dan tidak bisa dihindari akan jadi perkara hukum.

PEMINDAHAN IBUKOTA adalah wacana lama sejak jaman Bung Karno. Karena Jakarta memang tidak pernah didesain sebagai Ibukota.

Beliau memilih Kalimantan karena jauh dari potensi bencana, posisi di tengah nusantara dan menguatkan semangat pemerataan. Hal yang sama yang menjadi alasan mengapa Presiden @jokowi memutuskan di Kalimantan.

“BICARALAH yang baik atau diam”. Nasehat Rasul ini sangat cocok untuk mereka yang sering tidak bisa menjaga lisan dan tidak mampu memilih kata baik dalam berargumentasi di ruang publik.

2 kejadian ini jangan pernah ditiru, khususnya kepada generasi muda, generasi emas Indonesia.

Salam hormat untuk warga Kalimantan, sebagai salah satu Juri sayembara IKN, saya meyakini Ibukota Negara di sana kelak pasti akan maju dan membanggakan.

Dan ingatlah selalu pepatah Thailand ini ????????????????????????????????????????????

Hatur Nuhun.

#indonesiajuara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Instagram
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper