Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vonis Nihil Heru Hidayat Menuai Polemik, Begini Respons KY

Vonis nihil terdakwa kasus korupsi Asabri Heru Hidayat menulai polemik, Komisi Yudisial mengimbau semua pihak untuk menghormati putusan tersebut dan mengedepankan upaya hukum.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  12:35 WIB
Gedung Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Gedung Komisi Yudisial Republik Indonesia, Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) menghimbau semua pihak menghormati putusan vonis nihil terhadap bos PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat dalam kasus Asabri.

"Menghormati dalam arti, apabila dirasa tidak puas dengan substansi dari putusan tersebut, maka jalur yang tersedia adalah upaya hukum," kata Juru Bicara KY Miko Ginting, Rabu (19/1/2022).

Miko mengatakan kejaksaan agung dalam hal ini mewakili publik untuk melakukan atau tidak melakukan upaya hukum. Begitu juga,  terdakwa dan penasehat hukumnya, menurutnya, juga dijamin haknya untuk mengajukan upaya hukum.

"Intinya, jalur untuk mengkontes substansi putusan adalah melalui upaya hukum," ucap Miko.

Miko mengamui ada perdebatan hukum terkait apakah seseorang yang sebelumnya telah dijatuhi pidana seumur hidup harus tetap dicantumkan vonis yang sama atau tidak alias nihil.

"Di satu sisi, KUHAP menyatakan suatu putusan harus memuat pemidanaan jika terdakwa dinyatakan bersalah. Di sisi lain, jika dicantumkan akan ada dua pemidanaan seumur hidup dari dua putusan berbeda. Saya kira ini area para pakar dan pengamat hukum pidana untuk memberikan pendapat," kata Miko.

Lebih lanjut Miko menyatakan Komisi Yudisial dengan terbuka apabila ada dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim dalam memeriksa dan memutus perkara tersebut.

"Selain itu, Komisi Yudisial akan mempelajari lebih lanjut putusan yang dimaksud beserta hal-hal lain yang muncul dalam pemeriksaan di persidangan," ucapnya.

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan TindakPidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat memvonis nihil terhadap Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asabri komisi yudisial
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top