Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobilitas Meningkat, Masyarakat Diimbau Tetap Patuhi Prokes

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan pada Januari 2022 terdapat peningkatan mobilitas.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  14:33 WIB
Dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Jumat (24/7/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Dokter Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Jumat (24/7/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diminta untuk tetap patuh pada protokol kesehatan di tengah mobilitas yang mengalami tren kenaikan usai libur Natal dan Tahun Baru.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan pada Januari 2022 terdapat peningkatan mobilitas.

"[Ini] karena kegiatan bisnis dan ekonomi mulai berjalan lagi setelah libur Natal dan tahun baru," katanya sebagaimana dilansir Antara, Rabu (19/1/2022).

Selain itu, mobilitas penduduk juga tampak dari aktivitas kedatangan wisatawan yang baru saja kembali dari luar negeri serta adanya risiko transmisi dari pembelajaran tatap muka.

Reisa memaparkan berdasarkan laporan Kementerian Perhubungan, per 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 terjadi peningkatan penumpang angkutan umum sebesar 13,91 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Hal tersebut penting untuk dijadikan pengingat bahwa kita harus selalu patuh terhadap protokol kesehatan saat menggunakan transportasi umum, saat beraktivitas di ruang publik dan terapkan prokes kedatangan saat kembali ke rumah agar resiko penularan Covid-19 berkurang," katanya.

Ia mengatakan sepanjang 2021 jumlah kedatangan warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri mencapai 514.251 jiwa.

"Situasi itu perlu dijadikan catatan penting bagi seluruh masyarakat yang usai melakukan perjalanan keluar negeri untuk patuh melakukan karantina secara tertib agar risiko penyebaran Covid-19 dapat dihindari," katanya.

Menurut Reisa aktivitas perjalanan luar negeri dapat dikecualikan apabila ada hal yang mendesak dan penting.

Duta Perubahan Perilaku itu mengatakan kerja sama dari berbagai pihak adalah kunci pengendalian Covid-19 yang efektif, sebab masyarakat memegang peranan utama dalam faktor utama pencegahan untuk dapat selalu mendukung upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah.

"Salah satu contohnya segeralah mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi, apapun jenis vaksinnya. Semua terbukti memberikan perlindungan yang efektif terhadap semua varian sehingga tidak perlu pilih-pilih merek vaksin," katanya.

Selain itu, masyarakat juga perlu memastikan bahwa orang di sekitarnya sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Protokol Pencegahan Covid-19 Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top