Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moeldoko: Pemerintah Jamin Stok Vaksin Covid-19 untuk Booster Aman

Moeldoko menyatakan pemerintah akan mengerahkan seluruh kekuatan negara untuk menyukseskan program vaksin booster Covid-19.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko./Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan stok dosis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster aman dan mencukupi kebutuhan.

"Kita memiliki persediaan vaksin yang cukup besar, cukup besar, cukup. Ada memang vaksin yang diantisipasi itu kedaluwarsa, itu Pak Menteri Kesehatan sudah melaporkan kepada Pak Presiden, jumlahnya sudah jelas semuanya," kata Moeldoko kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Sekadar informasi, vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat umum mulai dilaksanakan mulai Rabu (12/1). 

Lebih lanjut, dia menyebutkan untuk mencegah vaksin kedaluwarsa, pemerintah terus berupaya mempercepat vaksinasi. Adapun, dosis vaksin Covid-19 yang mendekati tanggal kedaluwarsa pun akan diprioritaskan penggunaannya.

"Ada sejumlah vaksin yang akan expired tanggal sekian nanti, nah itu akan diprioritaskan," ujarnya.

Kendati demikian, Moeldoko menegaskan, vaksin yang sudah kedaluwarsa tidak akan digunakan dalam program vaksinasi dosis ketiga.

Moeldoko melanjutkan, pemerintah akan mengerahkan seluruh kekuatan negara untuk menyukseskan program vaksinasi booster, tidak hanya dari unsur Kementerian Kesehatan, tetapi juga TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Dia mengatakan meski cakupan vaksinasi di Indonesia sudah cukup tinggi yaitu mencapai 284 juta dosis, tapi capaian ini belum merata di seluruh Indonesia. Menurutnya, ada setidaknya 4 wilayah yang kecepatan vaksinasinya perlu dikebut yakni Papua, Papua Barat, Aceh, dan Maluku.

Moeldoko mengatakan, pemerintah akan bekerja keras, baik untuk pemerataan vaksin maupun vaksinasi booster.

"Vaksin diberikan kepada masyarakat Indonesia untuk merespons ini dengan positif karena Omicron di depan mata. Jangan kita abai, ini kesempatan pemerintah untuk memberikan kepada masyarakat secara baik," ungkap Moeldoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper