Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantap! Capaian Vaksinasi Covid-19 RI Naik ke Peringkat 4 Dunia

Kenaikan peringkat menjadi urutan ke-4 dicapai setelah Indonesia berhasil melampaui capaian vaksinasi Covid-19 Brasil.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 Januari 2022  |  11:13 WIB
Salah seorang warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjalani vaksinasi Covid-19 untuk mendukung percepatan vaksinasi agar bisa mencapai target sebanyak 607.063 saaran. - Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif
Salah seorang warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjalani vaksinasi Covid-19 untuk mendukung percepatan vaksinasi agar bisa mencapai target sebanyak 607.063 saaran. - Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa saat ini capaian vaksinasi Covid-19 Indonesia berada di urutan ke-4 dunia berdasarkan jumlah penduduk yang divaksin.

Capaian vaksinasi Indonesia ini naik peringkat dari sebelumnya di urutan ke-5 menjadi urutan ke-4. Kenaikan peringkat ini dicapai setelah Indonesia berhasil melampaui capaian vaksinasi Brasil.

“Kita bisa menembus angka 169 juta rakyat Indonesia yang sudah divaksinasi dosis pertama, melampaui Brasil yang 166 juta. Kita ada di bawah China 1,2 miliar, India 880 juta, dan Amerika Serikat 246 juta,” kata Menkes dalam keterangan resmi, Senin (10/1/2022).

Budi menyampaikan, hingga 9 Januari 2022 cakupan vaksinasi nasional mencapai 288 juta dosis dengan hampir seluruh provinsi telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama.

“Tinggal ada lima provinsi lagi yang belum mencapai 70 persen suntik pertama, adalah Sumatra Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua,” ujarnya.

Menkes juga menekankan kepada masyarakat agar tidak panik, tetapi tetap waspada dalam menghadapi varian Omicron.

Menurutnya, pemerintah telah mempersiapkan diri dalam menghadapi varian yang memiliki tingkat penularan sangat tinggi tersebut.

“Kita sudah mempersiapkan diri dengan baik dan pengalaman menunjukkan bahwa walaupun naiknya cepat tapi gelombang Omicron ini juga turunnya pun cepat,” ujarnya.

Selain itu, Menkes mengimbau masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dan yang paling penting adalah segera melakukan vaksinasi.

Terkait vaksin booster, Menkes menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui vaksinasi dosis lanjutan atau vaksin booster.

“Vaksinasi booster sendiri Pak Presiden sudah menyetujui dan akan ada konferensi pers khusus oleh beliau untuk mengupdate vaksinasi booster ini,” kata Budi.

Sayangnya, Budi tidak menjelaskan secara detail kapan konferensi pers akan digelar dan informasi apa yang akan disampaikan Presiden Jokowi terkait program vaksin Booster.

Namun, beredar kabar bahwa Presiden Jokowi bakal menggratiskan program vaksinasi booster atau dosis penguat bagi seluruh kelompok masyarakat.  Diberitakan Bisnis sebelumnya, sinyal bahwa pemerintah bakal menggratiskan biaya vaksin booster ini disampaikan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kesehatan Charles Honoris.

“Sepertinya booster akan berlaku gratis bagi semua, tunggu pengumuman presiden,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kesehatan Charles Honoris melalui pesan WhatsApp kepada Bisnis, Senin (10/1/2022).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes vaksinasi Covid-19 Vaksin Covid-19 Vaksin Booster
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top