Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir dan Longsor Jayapura, PLN Pastikan Gerak Cepat Pulihkan Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebut tengah bergerak cepat untuk mengantisipasi suplai listrik ke pelanggan pascabanjir dan longsor yang terjadi di Kota Jayapura, Papua.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  19:48 WIB
Anggota Polda Papua membantu warga terdampak banjir di kawasan Pasar Youtefa, Jumat (7/1/2022). - Antara
Anggota Polda Papua membantu warga terdampak banjir di kawasan Pasar Youtefa, Jumat (7/1/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebut tengah bergerak cepat untuk mengantisipasi suplai listrik ke pelanggan pascabanjir dan longsor yang terjadi di Kota Jayapura, Papua.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid mengatakan banjir dan longsor yang terjadi di Kota Jayapura menyebabkan sejumlah infrastruktur kelistrikan rusak

Jayapura dilanda banjir setelah hujan ekstrem mengguyur sejak Kamis (6/1/2022) malam hingga Jumat (7/1/2022) dini hari. PLN mencatat, ada 220 gardu listrik terdampak bencana tersebut dan kini mulai diperbaiki.

"Sebanyak 225 petugas dikerahkan dan hingga pukul 12.00 WIT, 107 gardu dari total 220 gardu terdampak telah berhasil dipulihkan," ujar melalui keterangan tertulis, Jumat (7/1/2022).

Dia mengatakan, saat ini PLN berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem kelistrikan di Jayapura dan sekitarnya. Menurutnya, tingkat kerusakan gardu listrik bervariasi dan seluruhnya akan segera diperbaiki.

"Saat ini progresnya sudah 48 persen. 113 gardu yang beberapa di antaranya roboh dan terendam masih dalam pemulihan oleh petugas kami di lapangan," kata Farid.

Akibat rusaknya beberapa infrastruktur kelistrikan tersebut, beberapa titik pemukiman belum bisa teraliri listrik secara maksimal.

Farid menyebut, lokasi-lokasi terdampak yang saat ini masih dalam penormalan oleh petugas PLN seperti di Kabupaten Jayapura mencakup BTN Gajah Mada Sentani, Kertosari, Depapre, hingga penghujung Pantai Amai.

Kemudian di kawasan Abepura, gangguan terjadi di Kompleks Organda, Kantor Otonom, BTN Skyland, Pasar Yotefa, BTN Tanah hitam bawah Kali Acai, Gelanggang Remaja dan Ekspo Waena.

Terakhir di Jayapura Kota, sistem kelistrikan yang masih terganggu berada di Gaja Putih, Kalam Kudus, Pasar Ampera, Paldam, Ajendam, RS Marthen Indey, Kodam Lama, Kodam Baru, belakang Terminal Entrop, APO Kali, RSUD Dok II, Bhayangkara, Yapis, Dok V Atas, Macan tutul dan Gedung Negara.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, untuk sementara listrik di lokasi-lokasi tersebut masih belum dapat kami nyalakan. Kami upayakan suplai listrik untuk pelanggan dapat segera pulih,” tutur Farid.

Dia melanjutkan, selain gardu listrik di beberapa titik terdapat tiang listrik yang rusak atau roboh akibat tanah longsor dan kini telah dalam proses perbaikan.

Seperti di jalan naik ke Makodam XVII/Cenderawasih, jalan alternatif, dan lainnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN jayapura
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top