Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tagar #SriSultanYogyaDaruratKlithih Trending di Twitter, Ada Apa?

Maraknya aksi klitih di Jogja membuat masyarakat menumpahkan unek-uneknya di Twitter dengan tagar #SriSultanYogyaDaruratKlithih. Tagar tersebut kemudian menjadi trending topic.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  12:25 WIB
Ilustrasi tindak kriminal. - Istimewa
Ilustrasi tindak kriminal. - Istimewa

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Jagat Twitter pada Selasa (28/12/2021) ini diramaikan oleh kicauan tentang aksi klitih di Jogja. Terhitung hingga kini, lebih dari 8.000 kicauan membahas tentang fenomena tersebut.

Bersamaan dengan itu, muncul pula #YogyaTidakAman. Dalam cuitan-cuitan yang ada, warganet mengatakan bahwa tingkat keamanan di Jogja, terutama pada malam hari, semakin rawan.

Tak jarang, aksi klitih tersebut bahkan menimbulkan korban jiwa hingga meninggal.

Sementara itu, lewat tagar #SriSultanYogyaDaruratKlithih warganet pun meminta agar pemerintah setempat, dalam hal ini Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Polri untuk menuntaskan aksi kejahatan yang telah menyebabkan banyak korban jiwa tersebut.

Lepas dari itu, klitih itu sendiri adalah istilah yang merujuk kepada kegiatan seseorang keluar rumah pada malam hari tanpa tujuan yang jelas.

Dikutip dari Solopos.com, menurut sosiolog kriminal Universitas Gadjah Mada (UGM) Suprapto, klitih sebenarnya mempunyai makna yang positif lantaran merupakan kegiatan untuk mengisi waktu luang.

Namun, makna itu kemudian menjadi negatif ketika kegiatan mengisi waktu luang itu diisi dengan melakukan tindak kejahatan di jalan, tepatnya menyerang orang lain secara acak tanpa motif yang jelas.

Kini, klitih pun identikkan dengan kejahatan jalanan yang kerap terjadi di Jogja.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

twitter kriminalitas Trending topic
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top