Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenko PMK Imbau Masyarakat Tetap Gunakan Masker Waspadai Covid-19

Protokol kesehatan pokok 3M harus menjadi budaya baru masyarakat untuk menghadapi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  14:56 WIB
rnPelajar mengecek suhu badannya sebelum memasuki ruang kelas di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Lampung, Senin (13/9/2021). Pemerintah Provinsi Lampung memulai pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) secara selektif dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO -  Ardiansyah
rnPelajar mengecek suhu badannya sebelum memasuki ruang kelas di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Lampung, Senin (13/9/2021). Pemerintah Provinsi Lampung memulai pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) secara selektif dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, salah satunya mengenakan masker, guna mencegah penularan Covid-19. 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto meminta masyarakat tetap menggunakan masker guna mewaspadai penularan Covid-19.

"Kita harus mensyukuri keadaan sekarang, jangan ngegas buka masker dimana-mana. Kita ikuti pencak silat Covid-19 seperti apa," kata Agus dikutip dari Antara, Rabu (15/12/2021).

Dia mengatakan protokol kesehatan pokok 3M harus menjadi budaya baru masyarakat untuk menghadapi Covid-19, salah satunya mengenakan masker. Masyarakat pun diminta mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar dan menjaga jarak dengan orang lain.

Di samping itu, tracing, testing, dan treatment juga perlu terus dilakukan untuk menjaga agar orang yang positif Covid-19 dapat terus berada pada angka yang rendah.

"Ini menjadi sebuah budaya baru untuk menghadapi pandemi sehingga nanti menjadi epidemi dan endemi," ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenkominfo juga terus mensosialisasikan protokol kesehatan 3M dan pengentasan Covid-19 3T. Pemerintah juga menyebar penyuluh di setiap daerah yang melakukan penyebaran informasi dengan bahasa daerah.

"Jadi kita mengkoordinasikan berbagai kegiatan lembaga dan kementerian agar kita bisa mempertahankan kondisi pandemi dengan tetap rendah seperti saat ini," ucapnya.

Pemerintah Indonesia juga akan terus bekerja sama dengan pemerintah di negara lain karena pandemi Covid-19 tidak bisa dihadapi sendiri. Apalagi Covid-19 memiliki banyak varian, yang paling baru ialah Omicron, yang sudah menyebar di beberapa negara dan dijaga tidak masuk ke Indonesia.

"Kita tetap berupaya juga membuat masyarakat tetap waspada. Semua kalau digerakkan akan bisa menjaga Covid-19," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru Protokol kesehatan

Sumber : Antara

Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top