Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Retno: Ekspektasi Dunia Terhadap G20 Sangat Besar

G20 harus memberikan solusi yang komprehensif dan komplit untuk menjawab setiap tantangan global yakni pandemi, lingkungan hingga isu pencapaian SGDs.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  15:51 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersiap mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersiap mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan bahwa ekspektasi dunia terhadap G20 sangat besar agar dapat memimpin pemulihan global dan menghasilkan solusi yang komplit.

“Dan dari sejak awal keketuaan Indonesia, Presiden Joko Widodo selalu menekankan pentingnya kerja G20 membawa manfaat bagi semua dari barat ke timur, utara ke selatan, kecil besar. Kerja G20 harus down to earth,” katanya dalam konferensi pers Sherpa Metting G20 dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (7/12/2021).

Dengan demikian, sambungnya, G20 harus memberikan solusi yang komprehensif dan komplit untuk menjawab setiap tantangan global yakni pandemi, lingkungan hingga isu pencapaian SGDs.

Lebih lanjut, pelaksanaan G20 juga harus menjadi katalis bagi pemulihan global yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Menurut Menlu, isu inklusivitas sangat terefleksi dari tema besar keketuaan Indonesia, yaitu "recover together, recover stronger".

Sejalan dengan itu, sambung Retno, Indonesia menekankan bahwa kemitraan dan menciptakan "enabling environment" atau lingkungan yang memungkinkan sangat penting.

"Dan untuk mem-frame kerja G20 ke depan, dalam pidato welcoming remarks, saya kembali menekankan tiga prioritas Indonesia, yaitu membangun arsitektur kesehatan dunia yang lebih kuat, transisi energi, dan transformasi digital," katanya.

Menlu berharap agar Sherpa G20 dapat menghasilkan arah yang jelas dan mentransformasikan tantangan menjadi kesempatan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

joko widodo g20 retno marsudi
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top