Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Remehkan! WHO: Varian Omicron Berpotensi Mendominasi Gantikan Delta

Kepala ilmuwan WHO mengatakan varian Omicron dapat menjadi dominan karena sangat mudah menular, tetapi vaksin yang berbeda mungkin tidak diperlukan.
Petugas kesehatan menyuntikkan Covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi Covid-19, Gelanggang Remaja Pulogadung Jakarta Timur./Antara
Petugas kesehatan menyuntikkan Covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi Covid-19, Gelanggang Remaja Pulogadung Jakarta Timur./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, bahwa varian Omicron dapat menjadi dominan karena sangat mudah menular, tetapi vaksin yang berbeda mungkin tidak diperlukan.

Soumya Swaminathan juga mengatakan terlalu dini untuk mengatakan apakah Omicron lebih ringan daripada varian lain dari Virus Corona, yang menyebabkan Covid-19 dan meragukan asal-usulnya, dengan mengatakan Omicron belum dipastikan muncul di Afrika selatan.

"Ada kemungkinan bahwa itu bisa menjadi varian dominan," kata Swaminathan, dikutip dari Reuters, Sabtu (4/12/2021).

Hal itu tidak mungkin untuk diprediksi. Varian Delta sekarang menyumbang 99 persen infeksi secara global, katanya.

Para ilmuwan di Uni Eropa dan Australia memperkirakan bahwa Omicron dapat menyebabkan lebih banyak infeksi daripada varian Delta dalam beberapa bulan.

Swaminathan mengatakan Omicron "sangat menular" dan mengutip data dari Afrika Selatan yang menunjukkan jumlah kasus berlipat ganda setiap hari.

"Seberapa khawatir kita harusnya? Kita harus siap dan berhati-hati, tidak panik, karena kita berada dalam situasi yang berbeda dengan tahun lalu," kata Swaminathan.

Dia mengatakan WHO pada tahap ini tidak dapat mengatakan, bahwa Omicron adalah varian ringan, bahkan jika banyak infeksi sejauh ini telah dikaitkan dengan gejala yang kurang parah atau tanpa gejala sama sekali.

Belum ada bukti konklusif tentang dampak Omicron pada efektivitas antibodi.

"Tampaknya mampu mengatasi beberapa kekebalan alami dari infeksi sebelumnya," kata ilmuwan WHO itu, tetapi menambahkan bahwa vaksin tampaknya memiliki efek.

"Fakta bahwa mereka tidak jatuh sakit...itu berarti vaksin masih memberikan perlindungan dan kami berharap mereka akan terus memberikan perlindungan," kata Swaminathan.

Dia berhati-hati tentang perlunya meningkatkan vaksin yang ada, mencatat bahwa vaksin booster yang ada mungkin cukup untuk melawan Omicron.

"Ada kemungkinan bahwa vaksin akan bekerja. Mungkin pada awalnya Anda memerlukan dosis ekstra untuk meningkatkan respons kekebalan," katanya.

Kelompok penasihat teknis WHO sedang mencoba mencari tahu apakah jenis vaksin baru diperlukan untuk melawan Omicron, katanya.

Vaksin

Berbicara kepada Reuters Next pada hari sebelumnya, CEO BioNTech Ugur Sahin mengatakan perusahaannya akan dapat mengadaptasi vaksinnya secara relatif cepat dalam menanggapi Omicron dan beberapa minggu ke depan akan menunjukkan betapa mendesaknya peningkatan diperlukan.

"Saya percaya pada prinsipnya pada titik waktu tertentu kita akan membutuhkan vaksin baru untuk melawan varian baru ini," kata Sahin.

Ditanya tentang perlunya booster vaksin tahunan, Swaminathan mengatakan WHO sedang mempersiapkan semua skenario, yang dapat mencakup dosis tambahan, terutama di antara beberapa kelompok umur atau bagian populasi yang rentan.

"Infeksi alami bertindak sebagai pendorong," katanya.

Swaminathan, seorang dokter anak berkualifikasi dari India, meragukan asal usul varian baru, yang pertama kali terdeteksi di Afrika bagian selatan, di mana jumlah kasus tertinggi juga tercatat.

"Dari mana asalnya? Kami tidak tahu," katanya sambil mencatat bahwa itu mungkin berasal dari negara-negara yang tidak memiliki sekuensing genom yang cukup.

"Kita mungkin tidak akan pernah tahu," katanya.

Larangan penerbangan oleh beberapa negara yang menargetkan Afrika Selatan tidak adil, kata Swaminathan, seraya menambahkan bahwa varian Omicron telah diidentifikasi di Afrika Selatan "karena pengurutan dan pengawasan genom yang sangat baik" di sana.

"Kami merasa tidak enak karena mereka dihukum karenanya," katanya.

WHO mengatakan pembatasan perjalanan dapat mengulur waktu, tetapi bukan cara untuk memerangi varian Omicron, mendesak negara-negara untuk meningkatkan kapasitas perawatan kesehatan dan memvaksinasi populasi mereka, serta mendesak lebih banyak distribusi vaksin yang merata dan tes Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper