Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Aplikasi dan Web yang Down Akibat Kebakaran Gedung Cyber

Berikut daftar aplikasi dan websites (web) yang down atau error akibat kebakaran Gedung Cyber 1 pada Kamis (2/1/2/2021).
Tim Bisnis.com
Tim Bisnis.com - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  17:54 WIB
Petugas Damkar mencoba memadamkan api di gedung Cyber 1, Jakarta Selatan pada Kamis (2/12/2021) - Antara
Petugas Damkar mencoba memadamkan api di gedung Cyber 1, Jakarta Selatan pada Kamis (2/12/2021) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gedung Cyber 1 kebakaran pada Kamis siang (2/12/2021). Ini daftar aplikasi dan web yang down (eror) akibat kebakaran yang terjadi di gedung Cyber.

Dilansir dari Rumah.com, Cyber merupakan salah satu gedung perkantoran favorit di Jakarta. Gedung Cyber terletak di kawasan Mampang Prapatan, tepatnya di jalan Kuningan Barat Raya No 8, Jakarta Selatan.

Sesuai namanya, Cyber menjadi gedung perkantoran yang paling cocok untuk jenis usaha digital. Pasalnya, pengelola gedung Cyber menyediakan lahan atau ruang kantor yang mendukung komponen dari sebuah perusahaan layanan internet.

Ruang kantor untuk ditempati perangkat-perangkat internet dan data center yang memang membutuhkan luas ruangan serta daya listrik yang besar. Sistem yang terstruktur rapi dan terkontrol dengan sangat baik menjadikan Cyber sebagai gedung perkantoran yang bisa menjaga keamanan data center dari beberapa perusahaan yang berkantor di sana.

Beberapa perusahaan yang telah memercayakan gedung Cyber sebagai ruang kantor mereka hingga saat ini, di antaranya PT Karyagraha Nusantara, PT IP Teknologi Komunikasi, PT Indo Pratama Cybernet, PT Orion Cyber Internet, Smartweb Indonesia, PT Telecommunication Software Support Centre, dan 30 perusahaan jasa internet serta sejenis.

Sementara itu, perusahaan sekuritas atau broker yang juga menyewa gedung Cyber, yaitu PT Indo Premier Sekuritas (Indo Premier) dan PT Ajaib Sekuritas (Ajaib). Indo Premier dan Ajaib mengumumkan terdampak akibat peristiwa kebakaran di gedung Cyber.

Direktur Utama Indo Premier Sekuritas Moelonoto membenarkan jika perseroan ikut terdampak atas kebakaran Gedung Cyber.

“Kita termasuk satu dari broker-broker yang terkena musibah itu. Kami lagi proses untuk kita pindahkan koneksi ke ke lokasi lain,” katanya kepada Bisnis pada Kamis (2/11/2021).

Indo Premier juga langsung mengunggah pengumuman resmi terkait dampak kebakaran gedung Cyber kepada nasabah melalui media sosial Twitter dan Instagram. Dalam unggahan tersebut, pihak Indo Premier memastikan seluruh data nasabah aman.

Broker lain yang mengalami gangguan adalah Ajaib Sekuritas. Melalui unggahan pada akun resmi Instagram nya, manajemen sekuritas mengakui terjadinya gangguan tersebut.

"Data center mengalami kebakaran. Sementara akan terjadi gangguan dalam bertransaksi," demikian kutipan unggahan tersebut, Kamis (2/12/2021).

Bukan itu saja, jaringan bioskop Cinema 21 juga mengalami gangguan akibat kebakaran di gedung Cyber. Para pengguna aplikasi MTIX tidak bisa mengakses layanan pembelian tiket secara online. Sebagai gantinya, pengguna diminta membeli tiket langsung di lokasi bioskop.

"Hi Sobat XXI, mohon maaf untuk ketidaknyamanan yang sedang terjadi pada aplikasi m.tix. Saat ini, tim kami sedang berupaya mengatasi kendala tersebut. Mohon bersabar ya," tulis akun Instagram @cinema.21.

Selain website dan aplikasi, kebakaran gedung Cyber juga berdampak pada putusnya jaringan internet milik PT Inet Global Indo. Jaringan internet Inet digunakan pada apartemen Bassura City, Jakarta Timur.

"Sehubungan dengan adanya insiden kebakaran (Force Majure) yang terjadi di Head Office gedung Cyber 1 pada hari ini, Kamis 2 Desember 2021 dan saat ini sedang ditangani oleh petugas pemadam kebakaran. Dikarenakan insiden ini seluruh layanan tidak dapat digunakan," tulis pengelola apartemen Bassura City.

Layanan pendaftaran Rumah Sakit Jakarta juga dikabarkan tidak dapat melayani pasien melalui aplikasi atau layanan online. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran indo premier securities ajaib group gedung cyber
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top