Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPK Berharap Tidak Ada Lagi Korupsi Terkait Izin Investasi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan bahwa investasi merupakan unsur penting pertumbuhan ekonomi.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  18:23 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri / Bisnis - Arief Hermawan P
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri / Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan bahwa investasi merupakan unsur penting pertumbuhan ekonomi. Konsumsi masyarakat maupun pemerintah akan meningkat apabila kegiatan usaha tumbuh. Dunia usaha bergeliat jika kegiatan investasi juga meningkat.

“KPK berharap tidak ada lagi tindak pidana korupsi terkait perizinan investasi dan usaha. Kepala daerah juga memiliki peran untuk menjamin kepastian kemudahan investasi dan izin usaha,” katanya pada sambutan diskusi, Rabu (1/12/2021).

Firli menjelaskan bahwa hal tersebut penting karena faktor pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh belanja pemerintah, konsumsi masyarakat, dan investasi.

Menurutnya, tindak pidana korupsi bukan saja kejahatan serius, merugikan keuangan negara dan perekonomian negara, tapi juga merampas hak-hak rakyat. Ini juga termasuk kejahatan kemanusiaan karena merampas hak asasi manusia.

“Kualitas pendidikan, pembangunan sumber daya manusia dan pelayanan publik bisa turun kalau korupsi tidak bisa kita selesaikan. Corruption is a crime against humanity,” jelasnya.

KPK, tambah Firli, menerapkan tiga strategi pemberantasan korupsi yaitu melalui pendidikan, pencegahan dan penindakan.

“Pendidikan masyarakat menjadi penting karena KPK ingin ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui pendidikan kita tanamkan nilai-nilai antikorupsi, kita bangun karakter dan budaya antikorupsi. Dari budaya, akan terbentuk peradaban antikorupsi,” ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top