Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Melonguane Sulawesi Utara

Gempa magnitudo 5,8 terjadi di laut 79 kilometer Barat Laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 27 November 2021  |  14:34 WIB
Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Melonguane Sulawesi Utara
Ilustrasi gemoa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi di laut 79 kilo meter Barat Laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu (27/11).

BMKG melaporkan kedalaman gempa mencapai 57 kilo meter pada pukul 13.01 WIB. Gempa itu tidak berpotensi tsunami. Gempa memiliki magnitudo 5,8 dengan episenter terletak pada koordinat 4.67 lintang utara dan 126.42 bujur timur.

“Pusat gempa berada di laut 79 kilo meter Baratlaut Melonguane,” cuit akun twiiter resmi BMKG, Sabtu (27/11/2021).

Menurut BMKG, gempa itu masih tergolong ringan. Alasannya tidak ada potensi kerusakan yang ditumbulkan di kawasan tersebut.

“Guncangan terdeteksi lemah dengan tidak adanya potensi kerusakan yang disebabkan,” cuit BMKG.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 2.552 kejadian bencana alam telah terjadi di Indonesia hingga Rabu (24/11/2021).

Berdasarkan data BNPB, kejadian bencana alam yang terjadi di Tanah Air didominasi oleh bencana banjir, angin puting beliung serta kejadian tanah longsor.

 BNPB menyebut, bencana banjir telah terjadi sebanyak 1.062 kejadian, angin puting beliung sebanyak 650 kejadian, tanah longsor 511 kejadian serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebanyak 263 kejadian.

Lebih lanjut, gempa bumi turut terjadi sebanyak 27 kali, kekeringan tercatat terjadi sebanyak 15 kali juga gelombang pasang dan abrasi sebanyak 24 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG
Editor : Nancy Junita

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top