Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WSBK 2021 di Mandalika Diyakini Bangkitkan Ekonomi Lombok

Penyelenggaraan WSBK 2021 di Lombok NTB diyakini akak memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 20 November 2021  |  14:09 WIB
WSBK 2021 di Mandalika Diyakini Bangkitkan Ekonomi Lombok
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021) - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diyakini akak memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat lokal.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo R.M. Manuhutu mengatakan, bahwa penyelenggaraan WSBK di Mandalika menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

"Momentum yang harus kita jaga dan jamin agar kebermanfaatannya dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat setempat,” katanya Jumat (19/11/2021) malam.

Secara bersamaan, pelaksanaan WSBK 2021 turut mengakselerasi pembangunan DPSP Mandalika yang mencakup aksesibilitas, atraksi dan amenitas. Agenda ini juga diproyeksikan dapat mendatangkan puluhan ribu partisipan dalam WSBK tahun ini.

“Proyeksi kedatangan puluhan ribu partisipan dalam WSBK 2021 dalam tiga hari tentu akan memberikan multiplier effect bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika. Ini menjadi pemicu bagi aktor pariwisata dan ekonomi kreatif lokal untuk memberikan kesan yang baik dan mendalam tentang Mandalika,” ujarnya.

Sementara itu, Kementerian BUMN menyatakan dukungannya atas terselenggaranya agenda olahraga internasional yang berlangsung di Mandalika.

Seluruh event di area KEK Mandalika ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung kembali ke tempat-tempat wisata di Indonesia, khususnya di wilayah Pulau Lombok, NTB.

Saat ini, KEK Mandalika sebagai lokasi penyelenggaraan WSBK 2021 masuk dalam 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) yang dikelola oleh PT ITDC.

Sementara itu, venue yang digunakan yaitu Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan wujud sinergi antara Pertamina dengan ITDC disepakati melalui perjanjian kerja sama kedua BUMN pada Oktober 2021.

“Pertamina Mandalika International Circuit ini telah menjadi kebanggaan baru masyarakat dan bangsa Indonesia sebagai sirkuit tempat diselenggarakannya event balap internasional," kata Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga.

Dia menilai sirkuit Pertamina Mandalika perlu dioptimalkan secara maksimal untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) BUMN pengembang KEK Mandalika menyebut ajang WSBK akan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Lombok maupun ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina KEK Mandalika World Superbike
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top