Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moderna Ajukan Izin Booster Covid-19 untuk Orang Dewasa ke FDA

Moderna mengajukan permohonan otorisasi kepada FDA atas pemakaian vaksin penguat atau booster Covid-19 bagi orang berusia 18 tahun ke atas.
vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna buatan Amerika Serikat/inquirer.net
vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna buatan Amerika Serikat/inquirer.net

Bisnis.com, JAKARTA - Moderna menyatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan otorisasi kepada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) atas pemakaian vaksin penguat atau booster Covid-19 bagi semua orang berusia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, FDA telah mengizinkan suntikan vaksin Covid-19 untuk orang-orang yang kekebalannya terganggu, mereka yang berusia 65 tahun ke atas dan untuk individu yang berisiko tinggi terkena penyakit parah atau mereka yang rutin terpapar virus.

Kini, Moderna sedang mencari otorisasi untuk dosis booster 50 mikrogram atau setengah dari kekuatan vaksin asli yang diberikan dalam dua suntikan dengan jarak sekitar empat minggu.

Pengajuan datang seminggu setelah Pfizer mengajukan izin serupa untuk dosis booster vaksin yang telah dikembangkan dengan mitra Jerman BioNTech.

Keputusan dari FDA tentang Pfizer diharapkan minggu ini menjelang pertemuan panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada hari Jumat (19/11/2021). Mereka akan membahas perluasan kelayakan untuk dosis booster.

Saham moderna naik 5 persen menjadi US$246,16 pada perdagangan sore kemarin di tengah berita tersebut sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Kamis (18/11/2021). Regulator obat Eropa juga mendukung penggunaan vaksin penguat Covid-19 dari Moderna

Para ahli percaya bahwa dosis booster sangat penting untuk mengurangi Covid-19 ke tingkat endemis.

Presiden AS Joe Biden pada bulan Agustus mengumumkan rencana untuk meluncurkan dosis booster untuk semua orang dewasa mulai September.

Bulan lalu, regulator obat Uni Eropa menyetujui vaksin booster Moderna untuk semua kelompok usia di atas 18 tahun, setidaknya enam bulan setelah dosis kedua. Perusahaan itu juga telah mengajukan permohonan booster approval di Jepang.

Akan tetapi, regulator di beberapa negara, termasuk Prancis, Kanada, Finlandia, dan Swedia, telah mengambil sikap yang lebih defensif terhadap vaksin Moderna atas masalah keamanan terkait jantung yang memengaruhi kalangan usia muda.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper