Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Daftar Badan Polri yang Dipimpin Jenderal Bintang 3

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut korps Brigade Mobil (Brimob) Polri nantinya akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021)./Antara-Raisan Al Farisi
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021)./Antara-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut korps Brigade Mobil (Brimob) Polri nantinya akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga.

Hal ini merupakan bagian dari restrukturisasi korps Brimob. Listyo berencana menambah struktur dalam korps Brimob.

"Kakor Brimob kita naikan menjadi bintang tiga," kata Listyo Sigit dikutip, Selasa (16/11/2021).

Kemudian, Wadankor Brimob pun akan dinaikan menjadi bintang dua. Selanjutnya Karobinops, Karorenmin, Danpas Pelopor, Danpas Gegana, Danpas Brimob I, II dan III serta Danpas Brimob IKN, akan dijabat oleh jenderal bintang satu.

Menurut Listyo proses restrukturisasi ini tengah berjalan. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, ihwal rencana restrukturisasi ini.

"Administrasi sedang berjalan, sudah di Menpan dan melalui Setneg semoga bisa berjalan lancar sehingga siap menjalani tantangan semakin kompleks,"

Adapun, selain Brimob di tubuh Polri ada sejumlah badan yang dipimpin oleh jenderal bintang tiga atau pangkat Komjen.

1. Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum)

Itwasum Polri merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolri.

Itwasum Polri bertugas membantu dalam menyelenggarakan pengawasan di lingkungan Polri untuk memberikan penjaminan kualitas dan memberikan konsultasi serta pendampingan kegiatan pengawasan lembaga pengawas eksternal di lingkungan Polri.

Saat ini Itwasum Polri dipimpin oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Agung Budi Maryoto.

2. Bareskrim Polri

Bareskrim Polri adalah unsur pelaksana utama Polri pada tingkat Markas Besar yang dipimpin oleh Kepala Bareskrim (Kabareskrim Polri). Kabareskrim bertanggung jawab kepada Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Kabareskrim Polri bertugas membantu Kapolri dalam membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, pengawasan dan pengendalian penyidikan, penyelenggaraan identifikasi, laboratorium forensik dalam rangka penegakan hukum serta pengelolaan informasi kriminal nasional.

Kabareskrim Polri saat ini diduduki oleh Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto dan Wakabareskrim Polri dijabat oleh Inspektur Jenderal Polisi Wahyu Hadiningrat.

3. Badan Intelijen Keamanan Polri (Baintelkam)

Baintelkam adalah salah satubadan pelaksana tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di bidang intelijen.

Baintelkam sekarang dipimpin oleh perwira tinggi polri berpangkat Komisaris Jenderal Polisi. Saat ini posisi Kabaintelkam diduduki oleh Komjen Pol Ahmad Dofiri.

4. Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam)

Baharkam Polri bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baharkam Polri dipimpin seorang Kepala Baharkam (Kabaharkam) berpangkat Komisaris Jenderal Polisi. Saat ini, posisi itu dijabat oleh Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto.

5. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Republik Indonesia (Lemdiklat Polri)

Lemdiklat Polri adalah lembaga pendidikan kedinasan dan lembaga pendidikan akademik di bawah Kapolri.

Tugas pokok Lemdiklat Polri adalah merencanakan, mengembangkan, dan menyelenggarakan fungsi pendidikan pembentukan dan mengembangkan berdasarkan jenis pendidikan Polri yang meliputi pendidikan profesi, manajerial (kepemimpinan) akademis, dan vokasi serta mengelola komponen pendidikan di lingkungan Polri.

Saat ini Lemdiklat Polri dipimpin oleh Komisaris Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper