Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Mafia Pelabuhan, Jaksa Agung Respon Luhut Binsar Pandjaitan

Biaya logistik di pelabuhan Indonesia masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya logistik di pelabuhan China dan Malaysia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 12 November 2021  |  19:45 WIB
Truk kontainer bersiap menurunkan kontainer ke dalam kawasan Terminal Peti Kemas dalam kawasan Pelindo II. - Bisnis/Anggara Pernando
Truk kontainer bersiap menurunkan kontainer ke dalam kawasan Terminal Peti Kemas dalam kawasan Pelindo II. - Bisnis/Anggara Pernando

Bisnis.com, JAKARTA--Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin memerintahkan jajarannya menindak tegas para mafia pelabuhan yang membuat biaya logistik semakin tinggi di pelabuhan. 

Dia juga mengatakan jika mafia pelabuhan tidak segera diproses hukum, maka tidak hanya biaya logistik yang terus merangkak naik, tetapi juga berdampak pada proses bisnis dan investasi serta membuat minat investor menjadi rendah.

"Mafia pelabuhan mengakibatkan berkurangnya lapangan pekerjaan dan daya beli masyarakat akan ikut menjadi rendah," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Burhanuddin membandingkan biaya logistik antar negara baik di Pelabuhan Indonesia, Pelabuhan China dan Pelabuhan Malaysia.

Menurutnya, biaya logistik di pelabuhan Indonesia masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya logistik di pelabuhan China sekitar 15 persen dan di pelabuhan Malaysia yang hanya 13 persen.

"Tingginya biaya logistik tersebut tidak terlepas dari faktor belum efektifnya kegiatan sistem bongkar muat di pelabuhan serta adanya indikasi mafia pelabuhan yang semakin memperkeruh keadaan," katanya.

Burhanuddin juga memerintahkan seluruh Intelijen Kejaksaan yang wilayah hukumnya punya fasilitas pelabuhan untuk segera melakukan operasi serta menindak tegas para pelaku.

"Tindak tegas jika ada indikasi oknum aparat yang terlibat dan menjadi backing mafia pelabuhan," ujar Burhanuddin.

 

 

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan mafia Luhut Pandjaitan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top