Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Ini, AS Buka Negaranya untuk Pengunjung Asing

AS mengakhiri 20 bulan pembatasan perjalanan dari seluruh dunia dengan membuka kembali perbatasan darat dan udara bagi pengunjung asing yang telah vaksinasi Covid-19 lengkap.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 08 November 2021  |  08:19 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden -  Bloomberg
Presiden Amerika Serikat Joe Biden - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari ini, Senin (8/11/2021), Amerika Serikat (AS) membuka kembali perbatasan darat dan udara bagi pengunjung asing yang telah vaksinasi Covid-19 lengkap.

Langkah itu mengakhiri 20 bulan pembatasan perjalanan dari seluruh dunia yang memisahkan keluarga, selain mengganggu industri pariwisata, dan hubungan diplomatik.

Larangan yang diberlakukan oleh mantan presiden Donald Trump pada awal 2020 dan dilanjutkan oleh penggantinya Joe Biden, banyak dikritik dan menjadi simbol pergolakan akibat pandemi.

Pembatasan itu sangat tidak populer di Eropa dan tetangga AS, Kanada dan Meksiko.

Dalam upaya untuk memperlambat penyebaran Virus Corona, perbatasan AS ditutup setelah Maret 2020 untuk pelancong dari sebagian besar dunia, termasuk Uni Eropa, Inggris dan China, India dan Brasil.

Pengunjung darat negara yang  berbatasan darat dai  Meksiko dan Kanada juga dilarang.

Pembatasan selama berbulan-bulan itu mempengaruhi ratusan juta orang dan memicu penderitaan pribadi dan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Kondisi ini sangat sulit. Saya hanya ingin melihat anak saya,” kata Alison Henry seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (8/11/2021).

Wanita Inggris itu berencana terbang Senin (8/11/2021) untuk melihat putranya di New York setelah 20 bulan berpisah.

Keluarga di kedua sisi Atlantik sangat ingin bersatu kembali dengan orang yang mereka cintai.

Meskipun perjalanan dari AS ke Eropa telah dimungkinkan sejak musim panas, penduduk asing AS yang memegang visa tertentu tidak memiliki jaminan untuk dapat masuk kembali ke negara itu.

Untuk mengatasi permintaan yang melonjak, maskapai penerbangan telah meningkatkan jumlah penerbangan transatlantik dan berencana untuk menggunakan pesawat yang lebih besar saat mereka berusaha keluar dari krisis pandemi.

Di sepanjang perbatasan dengan Meksiko, banyak kota di negara bagian Texas dan California AS yang menghadapi kesulitan ekonomi akibat pembatasan perdagangan akibat Covid-19.

Sementara itu, kalangan manula di Kanada akan dapat melanjutkan perjalanan mobil tahunan mereka ke negara bagian Florida di AS untuk menghindari musim dingin di utara.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Vaksin Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top