Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, AS Buka Negaranya untuk Pengunjung Asing

AS mengakhiri 20 bulan pembatasan perjalanan dari seluruh dunia dengan membuka kembali perbatasan darat dan udara bagi pengunjung asing yang telah vaksinasi Covid-19 lengkap.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari ini, Senin (8/11/2021), Amerika Serikat (AS) membuka kembali perbatasan darat dan udara bagi pengunjung asing yang telah vaksinasi Covid-19 lengkap.

Langkah itu mengakhiri 20 bulan pembatasan perjalanan dari seluruh dunia yang memisahkan keluarga, selain mengganggu industri pariwisata, dan hubungan diplomatik.

Larangan yang diberlakukan oleh mantan presiden Donald Trump pada awal 2020 dan dilanjutkan oleh penggantinya Joe Biden, banyak dikritik dan menjadi simbol pergolakan akibat pandemi.

Pembatasan itu sangat tidak populer di Eropa dan tetangga AS, Kanada dan Meksiko.

Dalam upaya untuk memperlambat penyebaran Virus Corona, perbatasan AS ditutup setelah Maret 2020 untuk pelancong dari sebagian besar dunia, termasuk Uni Eropa, Inggris dan China, India dan Brasil.

Pengunjung darat negara yang  berbatasan darat dai  Meksiko dan Kanada juga dilarang.

Pembatasan selama berbulan-bulan itu mempengaruhi ratusan juta orang dan memicu penderitaan pribadi dan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Kondisi ini sangat sulit. Saya hanya ingin melihat anak saya,” kata Alison Henry seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (8/11/2021).

Wanita Inggris itu berencana terbang Senin (8/11/2021) untuk melihat putranya di New York setelah 20 bulan berpisah.

Keluarga di kedua sisi Atlantik sangat ingin bersatu kembali dengan orang yang mereka cintai.

Meskipun perjalanan dari AS ke Eropa telah dimungkinkan sejak musim panas, penduduk asing AS yang memegang visa tertentu tidak memiliki jaminan untuk dapat masuk kembali ke negara itu.

Untuk mengatasi permintaan yang melonjak, maskapai penerbangan telah meningkatkan jumlah penerbangan transatlantik dan berencana untuk menggunakan pesawat yang lebih besar saat mereka berusaha keluar dari krisis pandemi.

Di sepanjang perbatasan dengan Meksiko, banyak kota di negara bagian Texas dan California AS yang menghadapi kesulitan ekonomi akibat pembatasan perdagangan akibat Covid-19.

Sementara itu, kalangan manula di Kanada akan dapat melanjutkan perjalanan mobil tahunan mereka ke negara bagian Florida di AS untuk menghindari musim dingin di utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper