Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harta Calon Panglima TNI Andika Perkasa Rp179,9 miliar, DPR: Dia Menantu Orang Kaya

Anggota DPR dari Fraksi Golkar dan PPP menilai wajar harta calon Panglima TNI Andika Perkasa, karena merupakan menantu orang kaya.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa./Antara
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha menilai besarnya nilai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merupakan hal wajar, karena merupakan menantu orang kaya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menyinggung mertua Andika, AM Hendropriyono, yang dinilai adalah orang kaya.

Tamliha juga menuturkan, bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mempertimbangkan hal tersebut.

Dia menilai, Presiden Jokowi mengetahui hal itu dari Komisi Pemberantasan Korupsi dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

"Kalau soal harta kekayaan itu kan urusan Presiden. Tentu Presiden sudah tahu, baik dari KPK maupun PPATK. Wajar aja, dia kan menantu orang kaya," kata Tamliha di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamsi (4/11/2021).

Sementara, Anggota Komisi I DPR dari Partai Golkar Dave Laksono juga menilai besarnya LHKPN Andika Perkasa bukan masalah. Sebab, Andika sudah melaporkan nilai harta kekayaannya kepada KPK.

"Saya tidak melihat itu kendala," ujar Dave secara terpisah.

Nilai LHKPN Andika Perkasa disorot lantaran besarnya mencapai Rp179,9 miliar. Calon Panglima TNI ini terakhir kali menyerahkan LHKPN pada 20 Juni 2021.

Kekayaan terbesarnya berupa kas dan setara kas yang bernilai Rp126,9 miliar. Selanjutnya harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 38,1 miliar. Tercatat ada empat tanah milik Andika yang berada di luar negeri. Tiga berlokasi di Amerika Serikat  (AS) dan satu di Australia.

Harta bergerak lainnya milik menantu AM Hendropriyono ini sebesar Rp10,1 miliar. Sedangkan transportasi dan mesin yang dia miliki bernilai Rp2,6 miliar.

Sumber kekayaan terakhir Andika yang tercatat dalam LHKPN adalah surat berharga dengan nilai Rp2,1 miliar.

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan menyoroti nilai LHKPN Andika yang fantastis.

Perwakilan Koalisi dari Imparsial, Hussein Ahmad, mengatakan Andika mestinya mengklarifikasi dan menjelaskan hal tersebut kepada publik.

Hussein juga menilai KPK perlu mengaudit harta kekayaan Andika.

"Terlebih lagi Jenderal Andika Perkasa disebut belum pernah melaporkan LHKPN sebelumnya padahal kapasitas yang bersangkutan adalah pejabat tinggi negara," kata Hussein dalam keterangannya, Kamis (4/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper