Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Santri Harus Jadi Pionir Membuka Lapangan Pekerjaan

Jokowi menyebut santri berpeluang besar untuk menggerakkan perekonomian yang inklusif, khususnya di ranah ekonomi syariah,sehingga bisa menjadi pionir membuka lapangan kerja baru
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  13:48 WIB
Presiden Joko Widodo berdialog dengan pengurus dan santri dari sejumlah Ponpes, secara virtual, dari Ponpes Miftahul Falah, Kuningan, Jabar, Selasa (31/08/2021) - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo berdialog dengan pengurus dan santri dari sejumlah Ponpes, secara virtual, dari Ponpes Miftahul Falah, Kuningan, Jabar, Selasa (31/08/2021) - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan agar santri ke depan dapat menjadi pionir-pionir yang membuka lapangan kerja baru dan mengembangkan ekonomi syariah di Tanah Air.

Dia menyebut, peran santri memiliki peluang besar untuk menggerakkan perekonomian yang inklusif, khususnya di ranah ekonomi syariah.

Menurutnya, seluruh pihak baik pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat dapat mendorong dan mendukung munculnya lebih banyak wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren.

“Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan, tetapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat,” ujarnya, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan peran pendidikan di pesantren, madrasah, hingga pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis mencetak lulusan yang inovatif dan mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja sehingga terlatih menjadi wirausahawan sosial yang sukses.

Jokowi melihat, semangat wirausahawan mulai tumbuh harus diikuti kecepatan inklusif keuangan dukungan akses pembiayaan yang sangat penting bagi tumbuhnya wirausahawan baru dapat lebih menggeliat.

“Pemerintah telah menyiapkan berbagai skema baik berupa Program Mekaar, Program KUR, kemudian bank wakaf mikro. Saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembinaan ini dengan baik sehingga pesantren dan para santri makin berperan dalam memperkuat ekonomi umat,” ujarnya.

Jokowi juga menekankan pentingnya transformasi digital, di mana setiap pihak harus terus mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk go digital dan merambah ke toko daring.

“UMKM harus masuk ke marketplace, masuk ke e-commerce dan bisa masuk ke supply chain nasional maupun global dan menjadi pemain utama dalam pertumbuhan industri halal tingkat global,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ekonomi syariah santri
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top