Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Peristiwa 8 Oktober, Ada Siaran Radio Langsung Pertama Pertandingan Sepak Bola

Pada 8 Oktober 1921, jurnalis Charles Henry Dow, pendiri Wall Street Journal, mulai memetakan tren saham dan obligasi. Berikut peristiwa 8 Oktober lainnya yang mencatat sejarah dunia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 Oktober 2021  |  09:12 WIB
Kolombia menjebol gawang Brasil. Pertandingan matchday kedua Grup C Copa America 2015 dimenangi Kolombia 1-0 - Reuters/Ricardo Moraes
Kolombia menjebol gawang Brasil. Pertandingan matchday kedua Grup C Copa America 2015 dimenangi Kolombia 1-0 - Reuters/Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, 8 Oktober 1921 lalu, siaran radio langsung pertama dari pertandingan sepak bola pertama kali digelar.

Harold W. Arlin adalah penyiar ketika KDKA dari Pittsburgh disiarkan langsung dari Forbes Field saat University of Pittsburgh mengalahkan West Virginia University 21–13. 

Selain peristiwa bersejarah tersebut, ada juga kisah jurnalis Charles Henry Dow, pendiri Wall Street Journal, mulai memetakan tren saham dan obligasi.

Berikut daftar peristiwa sejarah yang terjadi pada 8 Oktober seperti dilansir dari historynet.com :

1690
Beograd direbut kembali oleh Turki.

1840
Raja William I dari Belanda turun tahta.

1855
Arrow, sebuah kapal yang mengibarkan bendera Inggris, ditumpangi oleh orang Cina yang menangkap awaknya, sehingga memulai Perang Cina Kedua.

1862
Union menang di Pertempuran Perryville, pertempuran Perang Saudara terbesar yang terjadi di Kentucky.

1871
Great Chicago Fire dimulai di barat daya Chicago, mungkin di gudang milik Patrick dan Katherine O'Leary. Dipicu oleh angin barat daya yang kuat, nyala api berkobar selama lebih dari 24 jam, akhirnya meratakan tiga setengah mil persegi dan memusnahkan sepertiga kota. Sekitar 250 orang tewas dalam kebakaran tersebut; 98.500 orang kehilangan tempat tinggal; 17.450 bangunan hancur.

1897
Jurnalis Charles Henry Dow, pendiri Wall Street Journal, mulai memetakan tren saham dan obligasi.

1900
Maximilian Harden dijatuhi hukuman enam bulan penjara karena menerbitkan artikel yang mengkritik Kaiser Jerman.

1906
Karl Ludwig Nessler pertama kali mendemonstrasikan sebuah mesin di London yang menempatkan gelombang permenant di rambut. Klien memakai selusin pengeriting kuningan, masing-masing memakai dua pon, untuk proses enam jam.

1912
Perang Balkan Pertama dimulai saat Montenegro menyatakan perang melawan Kekaisaran Ottoman.

1918
Kopral Angkatan Darat AS Alvin C. York membunuh 28 tentara Jerman dan menangkap 132 di Hutan Argonne; dipromosikan menjadi sersan dan dianugerahi US Medal of Honor dan French Croix de Guerre.

1919
Senat AS dan Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan RUU Penegakan Larangan Volstead.

1921
Siaran radio langsung pertama dari pertandingan sepak bola; Harold W. Arlin adalah penyiar ketika KDKA dari Pittsburgh disiarkan langsung dari Forbes Field saat University of Pittsburgh mengalahkan West Virginia University 21–13.

1922
Lilian Gatlin menjadi pilot wanita pertama yang terbang melintasi Amerika Serikat.

1932
Angkatan Udara India didirikan.

1939
Nazi Jerman mencaplok Polandia Barat.

1956
Don Larsen dari New York Yankees melakukan permainan sempurna pertama dalam sejarah World Series melawan Brooklyn Dodgers.

1967
Gerilya Che Guevara ditangkap di Bolivia.

1968
Pasukan AS di Vietnam meluncurkan Operasi SEALORDS (Strategi Danau, Lautan, Sungai, dan Delta Asia Tenggara), serangan terhadap jalur pasokan komunis dan area pangkalan di dalam dan sekitar Delta Mekong.

1969
"Hari Kemarahan" dimulai di Chicago; faksi Weathermen dari Mahasiswa untuk Masyarakat Demokratis memulai 3 hari protes antiperang yang keras.

1973
Dalam Perang Yom Kippur sebuah brigade lapis baja Israel membuat serangan yang gagal terhadap posisi Mesir di sisi Israel Terusan Suez.

1978
Ken Warby dari Australia menetapkan rekor kecepatan air dunia, 317,60 mph, di Blowering Dam di Australia; belum ada manusia lain (2013) yang melebihi 300 mph di atas air dan selamat.

1982
Musikal Cats mulai berjalan hampir 18 tahun di Broadway.

1991
Kroasia memutuskan untuk memutuskan hubungannya dengan Yugoslavia.

2001
Presiden AS George W. Bush mendirikan Kantor Keamanan Dalam Negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepak bola sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top