Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa itu UNGA PBB yang Dihadiri oleh Boyband BTS?

BTS menghadiri forum UNGA di New York sebagai honorary speakers guna menyampaikan pesan kepada kaum muda di seluruh dunia.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 22 September 2021  |  05:36 WIB
BTS di Majelis Umum PBB
BTS di Majelis Umum PBB

Bisnis.com, SOLO - Setelah pekan lalu ditunjuk sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture, kini grup idol BTS pun hadir dan berpidato di acara Momen Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG Moment) dalam sesi United Nations General Assembly atau UNGA.

Diketahui, UNGA atau yang biasa disebut dengan Majelis Umum PBB ini adalah organ atau badan pembuat kebijakan utama di PBB. Ia terdiri dari 193 negara anggota di mana setiap negara anggota di sini memiliki hak suara yang sama.

Sementara itu, tak sekadar menyediakan forum untuk diskusi multilateral tentang spektrum masalah internasional yang dicakup oleh Piagam PPB, UNGA juga membuat keputusan penting untuk PBB.

Menyetujui anggaran PBB, mengangkat Sekretaris Jenderal atas rekomendasi Dewan Keamanan, dan memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan adalah salah tiga di antaranya.

Lalu, adapun pertemuan Majelis Umum PBB ini biasanya dibagi menjadi sesi tahunan yang dimulai pada September hingga Desember.

Untuk tahun ini sendiri, UNGA ke-76 telah dibuka pada Selasa, 14 September lalu oleh Presiden Majelis Umum PBB, Abdulla Shahid, dari Maladewa. Sementara itu, agenda debat umum berlangsung mulai 21 September hingga 27 September 2021 mendatang.

Dalam forum kali ini, negara-negara anggota akan diminta untuk membahas dua tantangan paralel, yaitu terkait mengakhiri pandemi dan mendefinisikan kembali ekonomi global pasca-pandemi.

Sayangnya, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, jumlah delegasi yang diizinkan masuk ke aula Majelis Umum PBB pun dibatasi. Namun demikian, mereka yang tidak dapat hadir secara langsung tetap dapat memberikan pernyataan melalui rekaman video.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbb bts
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top