Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Tugu Sepatu, 5 Patung dan Instalasi Seni Ini Juga Dibongkar

Tugu Sepatu merupakan karya kolaborasi antara merek sepatu lokal Compass dan PT Bank Central Asia Tbk.
Tugu Sepatu/Instagram
Tugu Sepatu/Instagram

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja membangun Tugu Sepatu di bilangan Sudirman. Sayang, belum seminggu berlalu, ia telah menjadi sasaran aksi vandalisme.

Padahal, menurut pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria, Tugu Sepatu itu dimaksudkan menjadi simbol wisata sekaligus ikon ibu kota.

“Tugu sepatu itu bagian dari ikon Kota Jakarta. Jangan kemudian dinodai oleh vandalisme,” ujar Riza Patria, dikutip dari Tempo pada Rabu (22/9/2021).

Alhasil, instalasi seni tersebut pun dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta pada Senin (20/9/2021) lalu pukul 01.00 WIB. Adapun pembongkaran sendiri dilakukan guna membersihkan coretan-coretan yang ada pada permukaan tugu.

“Kan ada yang coret-coret, ada yang tidak bijak dan tidak baik. Harus dirapikan dan dibersihkan dulu. Nanti pada waktunya kami akan tampilkan lagi,” kata Riza.

Namun, tahukah Anda, ternyata bukan hanya Tugu Sepatu yang pernah mengalami pembongkaran, lho? Sebelumnya, berbagai karya seni di ruang publik juga sempat dibongkar dengan berbagai alasan.

Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Instalasi Bambu Getah-Getih
Instalasi karya seniman Joko Avianto dipasang pada 16 Agustus untuk memeriahkan Asian Games 2018. Diketahui, biaya untuk instalasi bambu ini mencapai Rp550 juta. Sayangnya, usai sebelas bulan berlalu, instalasi ini terpaksa dibongkar dengan alasan sudah rapuh akibat faktor cuaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Instalasi Seni Lainnya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper