Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Tugu Sepatu, 5 Patung dan Instalasi Seni Ini Juga Dibongkar

Tugu Sepatu merupakan karya kolaborasi antara merek sepatu lokal Compass dan PT Bank Central Asia Tbk.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 22 September 2021  |  08:57 WIB
Tugu Sepatu - Instagram
Tugu Sepatu - Instagram

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja membangun Tugu Sepatu di bilangan Sudirman. Sayang, belum seminggu berlalu, ia telah menjadi sasaran aksi vandalisme.

Padahal, menurut pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria, Tugu Sepatu itu dimaksudkan menjadi simbol wisata sekaligus ikon ibu kota.

“Tugu sepatu itu bagian dari ikon Kota Jakarta. Jangan kemudian dinodai oleh vandalisme,” ujar Riza Patria, dikutip dari Tempo pada Rabu (22/9/2021).

Alhasil, instalasi seni tersebut pun dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta pada Senin (20/9/2021) lalu pukul 01.00 WIB. Adapun pembongkaran sendiri dilakukan guna membersihkan coretan-coretan yang ada pada permukaan tugu.

“Kan ada yang coret-coret, ada yang tidak bijak dan tidak baik. Harus dirapikan dan dibersihkan dulu. Nanti pada waktunya kami akan tampilkan lagi,” kata Riza.

Namun, tahukah Anda, ternyata bukan hanya Tugu Sepatu yang pernah mengalami pembongkaran, lho? Sebelumnya, berbagai karya seni di ruang publik juga sempat dibongkar dengan berbagai alasan.

Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Instalasi Bambu Getah-Getih
Instalasi karya seniman Joko Avianto dipasang pada 16 Agustus untuk memeriahkan Asian Games 2018. Diketahui, biaya untuk instalasi bambu ini mencapai Rp550 juta. Sayangnya, usai sebelas bulan berlalu, instalasi ini terpaksa dibongkar dengan alasan sudah rapuh akibat faktor cuaca.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni seni rupa kontemporer
Editor : Aliftya Amarilisya

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top