Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BRIN Telah Bentuk Tujuh Organisasi Riset, Apa Saja?

BRIN telah membentuk tujuh organisasi riset untuk menjalankan aktivitas riset di lingkungan instansi tersebut.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 September 2021  |  12:59 WIB
Laksana Tri Handoko dilantik menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 28 April 2021 / Youtube Sekretariat Presiden
Laksana Tri Handoko dilantik menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 28 April 2021 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan telah membentuk tujuh organisasi riset untuk menjalankan aktivitas riset di lingkungan instansi tersebut.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko pun mengatakan instansi ke depan masih akan membentuk sejumlah organisasi riset selanjutnya.

"Terkait aktivitas riset, akan dilakukan dan dieksekusi oleh organisasi riset," kata Handoko, Kamis (16/9/2021).

Dia memerinci tujuh organisasi riset (OR) tersebut adalah OR Tenaga Nuklir, OR Penerbangan dan Antariksa, OR Pengkajian dan Penerapan Teknologi, OR Ilmu Pengetahuan Hayati, OR Ilmu Pengetahuan Kebumian, OR Ilmu Pengetahuan Teknik, dan OR Ilmu Pengetahuan Sosial Humaniora.

Handoko melanjutkan untuk organisasi riset yang lain, saat ini sedang dalam tahapan perencanaan dan pembahasan bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kami masih menunggu kepastian terkait pengalihan program dari berbagai unit penelitian dan pengembangan K/L,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan prosesnya sedang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Anggaran.

Sekadar informasi, pembentukan OR tersebut dilakukan sejak proses integrasi empat lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) dan 44 unit penelitian dan pengembangan yang tersebar di kementerian/lembaga (K/L) lain.

Adapun, empat LPNK tersebut adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riset Badan Riset dan Inovasi Nasional-BRIN
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top