Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sindikat Ganjal ATM, Polda Metro Jaya Tangkap 3 Warga Cimanggis Depok

Ketiga pelaku itu secara sengaja mengganjal lubang kartu ATM agar tidak ada kartu yang bisa masuk.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 30 Agustus 2021  |  19:52 WIB
Sindikat Ganjal ATM, Polda Metro Jaya Tangkap 3 Warga Cimanggis Depok
Ilustrasi- Nasabah melakukan transaksi perbankan melalui anjungan tunai mandiri Bank Danamon di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap tiga orang tersangka sindikan pengganjal kartu di Mesin ATM berinisial AS, Y dan CH di wilayah Depok Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengemukakan bahwa ketiganya ditangkap tanpa ada perlawanan di kediamannya di wilayah Cimanggis Depok Jawa Barat.

"Ketiganya langsung kami amankan setelah ada laporan dari masyarakat terkait kasus ganjal ATM itu," tuturnya, Senin (30/8/2021).

Menurut Yusri, ketiga pelaku melakukan aksi ganjal kartu ATM dengan pola kejahatan yang berbeda dari biasanya. Yusri menjelaskan bahwa ketiga pelaku itu secara sengaja mengganjal lubang kartu ATM agar tidak ada kartu yang bisa masuk.

Kemudian, pelaku berpura-pura membantu calon korbannya dengan cara menukar ATM milik korban dengan kartu ATM yang sama, namun isinya kosong.

"Jadi ATM orang tidak bisa masuk, setelah itu datang satu orang yan.g membantu untuk memasukan ATM, saat dibantu, ATM-nya ditukar diam-diam dengan ATM yang sama, dia siapkan banyak ATM dikantong," katanya.

Sementara, kartu ATM yang sudah ditukar tersebut atau kartu milik tersangka bisa masuk ke mesin. Hal itu karena kartu milik tersangka yang ditukar dengan kartu asli milik korban sudah ditipiskan lebih dulu.

Kemudian, setelah masuk korban memasukkan nomor PIN dan satu tersangka mengintip sembari menghafal nomor rahasia tersebut.

"Ada yang coba menolong sambil menukar ATM, satu perannya mengintip, satunya tunggu di luar sebagai joki, saat korban sudah pergi sudah ada kendaraan yang siap. AS kapten, yang coba menolong, Y mengintip PIN dan CH sebagai Joki," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya atm
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top