Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapa ISIS-K? Dalang di Balik Serangan Bom di Bandara Kabul

Berikut penjelasan terkait kelompok ISIS-K, dalang di balik serangan bom di Bandara Kabul, Afgansitan yang menewaskan puluhan orang.
Bendera ISIS/Reuters
Bendera ISIS/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – ISIS-K telah mengklaim bertanggung jawab atas dua ledakan bom yang terjadi di dekat bandara Kabul, Afganistan pada Kamis (26/8/2021).

Para pejabat Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan serangan ISIS selama seminggu terakhir setelah pengambilalihan pemerintahan Afganistan oleh Taliban beberapa waktu lalu. 

Jenderal Kenneth McKenzie dari Komando Pusat AS mengatakan para penyerang merupakan dua pengebom bunuh diri ISIS. Ledakan bom diri tersebut menyebabkan risiko serius bagi keselamatan semua warga negara yang mati-matian berusaha melarikan diri dari Afghanistan melalui bandara Kabul.

Sebelum terjadi ledakan, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa ISIS-K berusaha untuk menargetkan bandara dan menyerang pasukan AS, sekutu, serta warga sipil di Afganistan. 

Lantas, siapa sebenarnya ISIS-K?

Negara Islam di wilayah Khorasan atau yang biasa disebut ISIS-K didirikan pada 2015 setelah mendiang pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memilih warga negara Pakistan Hafiz Saeed Khan, seorang komandan veteran Terik-e Taliban Pakistan, sebagai “emir” atau kepala pertama kelompok.

Secara historis, ISIS-K mencakup bagian dari Iran, Afghanistan, dan Pakistan. Awalnya dibentuk oleh militan dari Pakistan bersama dengan anggota Taliban yang tidak puas dan beroperasi terutama di utara dan timur Afghanistan, dekat dengan Kabul.

Laporan Dewan Keamanan PBB menunjukkan ada antara 1.000 dan 2.200 pejuang ISIS-K turun dari puncak antara 5.000 dan 6.000 pada tahun 2016, tetapi barisan mereka mungkin telah bertambah dalam beberapa pekan terakhir karena kemajuan Taliban melihat tahanan dibebaskan di seluruh negeri.


Apa hubungan ISIS-K dengan Taliban dan al-Qaeda?

Melansir dari rte.ie, ISIS-K memusuhi Taliban karena versi Islamnya yang lebih ekstrem dan kedua kelompok tersebut sebelumnya telah memperebutkan kendali atas wilayah di Afghanistan.

Setelah Taliban mengambil alih negara itu pekan lalu, kelompok itu dilaporkan mengeksekusi seorang komandan senior ISIS-K yang telah dipenjara di Kabul.

Konflik antara kedua kelompok berarti bahwa ISIS-K cenderung tidak terikat oleh perjanjian Taliban dengan pasukan Barat untuk memungkinkan evakuasi berlanjut dari bandara Kabul.

Demikian pula, hubungan antara ISIS-K dan Al-Qaeda tidak mungkin menjadi kerjasama langsung meskipun mereka memiliki keyakinan yang sama, yang mencerminkan konflik yang lebih luas antara al-Qaeda dan IS secara global.


Apa ancaman dari ISIS-K?

ISIS-K telah melakukan sejumlah serangan tinggi dalam beberapa tahun terakhir, meskipun ada laporan bahwa jumlahnya telah turun berkat aksi militer oleh AS, pasukan Afghanistan dan Taliban.

ISIS-K diperkirakan telah melakukan serangan dahsyat di sebuah rumah sakit bersalin di Kabul pada Mei 2020 dan menewaskan 24 orang termasuk bayi dan ibu yang baru lahir.

Selain itu, ISIS-K juga mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap universitas kota November lalu dan serangan roket di bulan yang sama. ISIS-K juga mengaku bertanggung jawab atas serangan di penjara Jalalabad Agustus lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper