Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UEA Cari 200 Imam Masjid Asal Indonesia, Ini Link Lowongannya

Uni Emirat Arab mencari imam masjid dari Indonesia karena memiliki paham ahlus sunnah wal jamaah dan mampu membaca Al-Quran.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 25 Agustus 2021  |  15:05 WIB
Uni Emirat Arab mencari 200 imam masjid dari Indonesia - ilustrasi.Reuters
Uni Emirat Arab mencari 200 imam masjid dari Indonesia - ilustrasi.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed, Uni Emirat Arab mencari 200 orang untuk menjadi imam masjid dari Indonesia.

Imam masjid tersebut akan ditempatkan di Uni Emirat Arab. Kegiatan pemilihan imam masjid ini merupakan seleksi kedua yang sebelumnya dilakukan pada 2020 lalu. Proses pelaksanaan akan diselenggarakan secara virtual pada 25-27 Agustus 2021, yang ditindaklanjuti langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag).

"Kemenag kembali melaksanakan seleksi imam masjid untuk ditugaskan di Uni Emirat Arab. Kita akan menjaring lebih banyak calon imam dari seluruh Indonesia," tutur Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin pada siaran pers, dikutip Rabu (25/8/2021).

Kamaruddin juga menuturkan, para imam masjid merupakan duta Indonesia di Uni Emirat Arab dan program ini jadi salah satu langkah strategis kerja sama bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Uni Emirat Arab. 

Diketahui bahwa imam masjid Indonesia menarik perhatian lantaran memiliki paham ahlus sunnah wal jamaah, yang jadi nilai tambah selain kriteria mampu dalam membaca Al-Quran.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Syamsul Bahri.  "Indonesia ini memiliki jumlah umat Islam terbesar di dunia dan memiliki banyak lembaga pendidikan Islam," jelasnya mengutip pada indonesia.go.id. 

Syamsul menambahkan, "Umat Islam Indonesia moderat, berperilaku mulia, pahamnya ahlus sunnah wal jamaah dan cara pikirnya wasathiyah (moderat),". 

Proses seleksi akan dilakukan dua kali, pertama oleh Kemenag yang melibatkan pakar Al-Quran, dan yang kedua dari Otoritas Uni Emirat Arab. 

Sedangkan hasil dari seleksi imam masjid pada 2020 menghasilkan 28 imam, yang kemudian satu orang meninggal dunia dan satu orang mengundurkan diri.

Berbicara mengenai seleksi tahun ini, tahapan seleksi diharapkan dapat menjaring sebanyak 74 imam sehingga menggenapkan jumlah imam dengan total 100 imam, untuk dikirim ke Uni Emirat Arab. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses website www.bimaislam.kemenag.go.id di menu Seleksi Calon Imam Masjid.

Perihal hubungan bilateral antara Uni Emirat Arab-Indonesia sangat baik termasuk di bidang pendidikan dan sosial budaya. Bahkan, Mohammed akan membangunkan sebuah masjid seharga Rp5,7 triliun bagi rakyat Indonesia di kawasan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni emirat arab masjid
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top