Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakar Sebut Evakuasi WNI dari Afghanistan Patut Diapresiasi

Dengan melakukan evakuasi bukan berarti pemerintah tidak percaya dengan jaminan yang telah diberikan oleh Taliban yang saat ini menguasai Afghanistan.
Hikmahanto Juwana/Antara
Hikmahanto Juwana/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto menilai evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan oleh pemerintah Indonesia patut diapresiasi mengingat kompleksitas penyelamatan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pemerintah telah berhasil mengevakuasi WNI di Afghanistan yang berjumlah 26 orang.

Di samping itu, rombongan ini juga membawa lima warga negara Filipina dan dua orang warga negara Afghanistan yang merupakan pasangan WNI yang dievakuasi.

"Penyelamatan ini merupakan bentuk dari tanggung jawab negara terhadap warganya pada saat warganya berada di suatu negara yang sedang menghadapi suatu permasalahan, baik situasi politik yang tidak menentu ataupun adanya pandemi," kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/8/2021).

Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani itu mengatakan dengan melakukan evakuasi bukan berarti pemerintah tidak percaya dengan jaminan yang telah diberikan oleh Taliban yang saat ini menguasai Afghanistan.

WNI yang berada di Afghanistan, lanjut dia, tentunya ingin dirinya selamat dalam situasi yang tidak menentu di negara itu. "Di sinilah hadirnya negara untuk melakukan evakuasi," kata Hikmahanto.

Bagi WNI yang terjebak dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan tentu mereka bangga menjadi WNI dengan kehadiran negara untuk melakukan evakuasi, kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper