Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Moderna Jamin Kemanjuran Vaksin 93 Persen 6 Bulan setelah Suntikan Dosis Kedua

Temuan itu lebih baik dibandingkan dengan data yang dirilis oleh Pfizer dan BioNTech minggu lalu yang menyatakan kemanjuran vaksin mereka berkurang sekitar 6 persen setiap dua bulan atau menurun menjadi sekitar 84 persen enam bulan setelah suntikan kedua.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  07:05 WIB
Moderna Jamin Kemanjuran Vaksin 93 Persen 6 Bulan setelah Suntikan Dosis Kedua
50 Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster menggunakan vaksin Moderna - Twitter Kemenkes RI

Bisnis.com, JAKARTA - Moderna menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksinya sekitar 93 persen efektif empat hingga enam bulan setelah dosis kedua, sekaligus menunjukkan hampir tidak ada perubahan dari kemanjuran 94 persen yang dilaporkan dalam uji klinis aslinya.

Temuan itu lebih baik dibandingkan dengan data yang dirilis oleh Pfizer dan BioNTech minggu lalu yang menyatakan kemanjuran vaksin mereka berkurang sekitar 6 persen setiap dua bulan atau menurun menjadi sekitar 84 persen enam bulan setelah suntikan kedua. Vaksin Moderna dan Pfizer-BioNTech didasarkan pada teknologi messenger RNA (mRNA).

"Kami sangat senang bahwa kemanjuran vaksin Covid-19 stabil pada 93 persen dari empat hingga enam bulan," kata Kepala Eksekutif Moderna Stéphane Bancel dalam sebuah pernyataan seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (6/8/2021). Dikatakan, bahwa durasi yang kuat itu akan menguntungkan ratusan juta orang yang telah diberi dosis hingga saat ini dengan vaksin Moderna.

Dalam perkembangan lain, Moderna membukukan penjualan kuartal kedua sebesar US$4,4 miliar, sedikit di atas perkiraan rata-rata US$4,2 miliar yang diambil dari 10 analis yang disurvei oleh Refinitiv.

Vaksin itu hanya  mencatat penjualan US$67 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan mencatat laba bersih US$2,78 miliar pada kuartal tersebut atau US$6,46 per saham atau di atas  ekspektasi US$2,46 miliar atau US$5,96 per saham.

Otoritas kesehatan masyarakat di seluruh dunia yang bergulat dengan varian Delta yang sangat menular sedang memperdebatkan apakah dosis tambahan vaksin Covid-19 aman, efektif, dan perlu.

Karena itu, Pfizer berencana meminta otorisasi untuk suntikan ketiga vaksinnya akhir bulan ini.

Beberapa negara seperti Israel telah memulai atau berencana untuk segera mulai memberikan suntikan kepada orang yang lebih tua atau orang yang rentan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pfizer Vaksin Covid-19 moderna
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top