Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Megawati Singgung Komando Kondisi Darurat ke Jokowi, Ini Katanya

Megawati mengaku pernah menanyakan soal pemegang komando darurat kepada Presiden Joko Widodo. Dia mengeluhkan lemahnya koordinasi saat kondisi darurat terjadi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 04 Agustus 2021  |  18:24 WIB
Megawati Soekarnoputri memberi sambutan saat rapat koordinasi pembangunan nasional (Rakorbangnas) BMKG secara virtual di Jakarta, Kamis (29/7/2021).? - nfobmkg
Megawati Soekarnoputri memberi sambutan saat rapat koordinasi pembangunan nasional (Rakorbangnas) BMKG secara virtual di Jakarta, Kamis (29/7/2021).? - nfobmkg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI ke - 5 Megawati Soekarnoputri menyinggung masih terjadinya persoalan komando pada saat kondisi darurat. Dia meminta persoalan tersebut diselesaikan.

Saat memberi arahan pada pelatihan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami PDI Perjuangan, Megawati mengeluhkan persoalan komando lapangan pada kondisi darurat masih menjadi masalah.

Mega bahkan mengaku pernah menanyakan soal itu kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya hal ini perlu ditetapkan terlebih Indonesia rawan bencana.

“Saya pernah tanya sama Pak Jokowi, siapakah kalau dalam keadaan yang saya sebut tanggap darurat, siapakah yang memberikan komando. Saya enggak tahu apakah dari bupati kah atau gubernur kah, langsung bla bla bla [menangani di lapangan] begitu,” katanya Rabu (4/8/2021).

“Saya bilang kepada Pak Presiden, yang namanya kepala negara Presiden RI yang harus langsung, karena ini persoalannya adalah extra ordinary. Jangan lagi mikir,” sambungnya.

Dia menilai hal itu merupakan salah satu kelemahan Negara. Megawati mengambil bencana likuifaksi di Palu beberapa tahun lalu. Dirinya sempat menanyakan sosok yang memegang komando lapangan saat kondisi itu terjadi. Namun kata dia, tidak ada yang dapat menjawab.

Saat menjadi Wakil Presiden medio 1999 - 2001, Mega juga pernah mengalami hal serupa. Dia bahkan harus membantu langsung menangani bencana tanpa mengetahui siapa yang memegang komando lapangan.

Penunjukan pimpinan komando di situasi bencana perlu dilakukan. Pasalnya kebijakan itu akan berpengaruh pada penanganan langsung di lapangan, sehingga tidak perlu menunggu arahan dari atasan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati soekarnoputri pdi perjuangan Presiden Joko Widodo
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top