Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Eks Walkot Solo Khawatir Perpanjangan PPKM Darurat Picu Ledakan Pengangguran

Pemerintah harus punya target mengurangi penambahan jumlah kasus Covid-19 jika menetapkan perpanjangan PPKM Darurat.
Solopos
Solopos - Bisnis.com 19 Juli 2021  |  07:27 WIB
Eks Walkot Solo Khawatir Perpanjangan PPKM Darurat Picu Ledakan Pengangguran
Mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo khawatir perpanjangan PPKM darurat akan memicu potensi terjadinya ledakan pengangguran. Apalagi warga-warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) juga kurang diperhatikan selama PPKM Darurat.

“Potensi pengangguran lebih banyak, yang isoman tidak ada pemasukan suruh nambah gizi pakai apa? PKL itu yang paling merasakan dampaknya betul, apalagi malam,” ujar Rudy dilansir dari Solopos, Minggu (19/7/2021).

Rudy mengatakan pemerintah harus punya target mengurangi penambahan jumlah kasus Covid-19 jika menetapkan perpanjangan PPKM Darurat. Selain itu pemerintah harus menjamin rakyat tidak kelaparan.

Rudy menambahkan penerapan PPKM Darurat juga perlu dievaluasi. Banyak rakyat yang terkena dampak dari kebijakan tersebut. Terlebih, dengan adanya jam operasional para pedagang yang hanya sampai pukul 20.00 WIB.

“Dulu prokes tidak dilakukan lapaknya ditutup, pedagangnya memakai masker tapi pembeli tidak memakai masker lapak ditutup. Sanksi tegas, rakyat akan tertib,” ujarnya.

Masih terkait rencana perpanjangan PPKM darurat, Rudy juga mengingatkan konsekuensi dari peraturan menutup mal, toko, dan tempat-tempat usaha.

Konsekuensi itu yakni pemerintah mencukupi setidaknya kebutuhan logistik para penjaga toko dan tempat usaha yang ditutup.

“PPKM Darurat ini tidak hanya berdampak, kalau mau lockdown logistik disiapkan. Harapan saya pemerintah kumpulkan pengusaha untuk membantu masyarakat. Kalau hanya bergantung APBD saja tidak kuat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Solo Covid-19 PPKM Darurat

Sumber : Solopos

Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top